MEDAN-Sensus Penduduk tahun 2020 mendatang, Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Utara (Sumut) akan merekrut sekitar 21.000 petugas sensus untuk mendata penduduk. Untuk perekrutan calon petugas sensus tersebut akan secepatnya dilakukan secara terbuka.

)/p> Hal ini dikatakan Kepala BPS Sumut, Syech Suhaimi usai upacara Hari Statistik Nasional (HSN) 2019 dengan tema Menuju Indonesia Maju dengan Sumber Daya Manusia dan Data Berkualitas, Kamis (26/9/2029).

Kegiatan HSN 2019 di BPS Sumut juga diisi dengan pemberian hadiah bagi pemennag dari berbagai lomba yang digelar. Syech menjelaskan, dalam menjalankan Sensus Penduduk 2020, pihaknya telah melakukan tujuh tahapan hingga hari pelaksanaan pada 15 Juli 2020 mendatang.

Untuk tahap pertama dilakukan mulai September hingga akhir tahun 2019. BPS Sumut melakukan koordinasi dan konsolidasi kepada seluruh pemangku kepentingan.

"Selanjutnya akan mempersiapkan nama penduduk yang dihasilkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dari masing-masing pemerintah daerah setempat. Sehingga, sensus mandiri dan terakhir sensus secara 'door to door'," jelasnya.

Syech menambahkan, sensus mandiri tersebut baru pertama kali dilakukan di Sensus Penduduk tahun 2020. BPS Sumut berharap sensus mandiri tersebut bisa mencapai 20 persen.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut, Syech Suhaimi bersama para karyawan melakukan pelepasan balon dalam kegiatan memperingati Hari Statistik Nasional 2019 di Kantor BPS Sumut, Kamis (26/9/2019).*