TOBASA-Letkol (Purn) TNI AD Usia Siagian Putra kelahiran Desa sipagabu Kecamatan Habinsaran Kabupaten Tobasa yang semasa mudanya hingga pensiun bertugas mengabdikan dirinya sebagai Prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI - AD) dengan spesialisasinya sebagai Penerbangan kini mencoba bertarung di bursa Balon Bupati Pilkada 2020.

Usia Siagian putra memangku pangkat terakhir dari Negara dalam pengabdiannya dengan pangkat Letnan Kolonel (Letkol) TNI AD. Setelah memasuki masa pensiun pada Juli 2019 baru baru ini dari kesatuan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI - AD) tempatnya mengabdikan diri dirinya merasa terpanggil untuk mengabdi dan mendedikasikan diri untuk membangun daerah asalnya dengan berbekal berbagai pengalaman dan ilmu yang dia miliki selama bertugas di TNI AD.

Untuk menyampaikan niat dan cita citanya, dengan langkah pasti Usia Siagian bersama dengan beberapa timnya mendatangi Sekretariat Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem di Tambunan, Balige.

Selasa (24/9/2019) ia mengambil Formulir Pendaftaran untuk menjadi Bakal Calon Bupati (Bacabup) Kabupaten Toba Samosir Periode 2020 - 2025 dan sekaligus untuk mendaftarkan diri.

Hadirnya Usia Siagian di Sekretariat Partai NasDem DPD Kab.Tobasa didampingi oleh beberapa Tokoh Masyarakat dari Kec. Balige, Kec. Porsea, Kec. Parmaksian, Kec.Sigumpar, Kec. Siantar Narumonda serta beberapa perwakilan masyarakat desa lainnya sebagai simpatisan dan pendukung Usia Siagian menjadi Calon Bupati pada Pilkada Tobasa Tahun 2020 nanti.

Dengan sikap penuh ketegasan dinaungi dengan penuh kesopanan dan keramahan, Usia Siagian kepada para tim penjaringan Bacabup DPD Partai NasDem di sekretariat itu kepada Panitia Partai NasDem Penjaring Bacabup Tobasa 2020. "Saya terpanggil untuk mengabdi dan membenahi Toba Samosir yang indah ini. Saya sadar itu bukan pekerjaan yang mudah," ujar Usia yang terkenal pekerja keras itu.

Mengetahui maksud kedatangannya, Chandrow Manurung didampingi Robinson Sibarani dan Jojor Napitupulu, para Pengurus Partai NasDem mempersilakan rombongan duduk sembari menyerahkan berkas Formulir Pendaftaran Bacabup kepada Usia.

"Partai NasDem mulai dari hari Senin (23/9/2019) telah membuka pendaftaran untuk Bakal Calon Kepala Daerah tahun 2020 - 2025. dan Pendaftaran dibuka hingga 23 Oktober 2019 mendatang.untuk pendaftaran calon kepala daerah itu tanpa mahar politik," tegas Chandrow Manurung kepada Gosumut.

Ditambahkan Jojor, bahwa pihaknya juga menggandeng delapan lembaga survei dalam menyeleksi calon kepala daerah. "Nantinya lembaga survei akan memberikan rekomendasi kepada NasDem terkait kandidat yang akan dipilih," ungkapnya.

Usai mendaftar, Usia yang berbadan tegap putra asli Desa Sipagabu, Kecamatan Habinsaran itu menyampaikan bahwa Formulir Pendaftarannya sudah diterimanya dan segera akan menyerahkannya kembali berikut berkas yang dibutuhkan sesuai aturan yang ditetapkan Partai.

"Hari ini, tim internal kami akan mempersiapkan berkas-berkas sesuai yang dikehendaki partai dan sesegera mungkin akan menyerahkan dokumen pendaftaran itu kembali," terang Usia.

Sementara itu, salah seorang Tokoh Masyarakat asal Sigumpar, H Siagian mengatakan Tobasa memasuki era baru. "Sejarah baru di Tobasa, seorang TNI Purnawirawan ikut bertarung di Pilkada Tobasa tahun 2020," serunya.*