SIDOARJO - Kapten Persib Bandung, Supardi perankan posisi baru dalam pertandingan yang dimenangkannya atas tuan rumah Persipura Jayapura, Senin (23/9/2019) di Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, dalam pekan ke-20 Kompetisi Sepakbola Liga 1 2019. Supardi diplot berduet dengan Nick Kuipers menggantikan posisi Achmad Jufriyanto yang absen akumulasi kartu pada laga itu.

Duet Kuipers dan Supardi terbilang tak mengecewakan. Dalam skor kemenangan Persib 3-1 itu, Maung Bandung  hanya kebobolan lewat tendangan penalti Titus Bonai. Penalti disebabkan hands ball yang mengenai tangan Supardi sendiri di kotak terlarang.

Supardi mengakui bahwa posisi sebagai bek tengah adalah baru selama karirnya sebagai pesepak bola. Kuncinya adalah bagaimana bisa menjalankan instruksi pelatih dan menjawab kepercayaan sebaik mungkin. Keberuntungan menaunginya, Persib mampu minimalisir kebobolan.

"Ini adalah posisi baru selama karir saya, saya cuma menjalankan apa yang diberikan kepercayaan kepada saya. Kalau maksimal saya serahkan (penilaian) kepada pelatih," katanya.

Akan tetapi Supardi yang biasa berposisi wing back dan sayap menyerang merasa kurang maksimal bermain di posisi barunya itu. Ia pula tak memungkiri bahwa masih memiliki beberapa kendala.

"Kalau saya rasa belum maksimal mainnya (di posisi bek tengah) karena saya baru main di posisi ini, kendala tentu pasti ada. Setiap pertandingan beda taktik, saya sebagai pelaku, saya tim gegana saya selalu siap ditempatkan dimanapun," bebernya. ***