MOJOKERTO - Sekolah Menengah Khusus Angkatan Laut ( SMK KAL-1)  Surabaya selama 3 hari melaksanakan LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa) bagi 167 siswa baru kelas X tahun pelajaran 2019/2020 yang berlangsung di Villa MCA Pacet Mojokerto, Jawa Timur. Upacara pembukaan kegatan ini dilaksanakan pada Rabu (25/9/2019) dengan Inspektur Upacara Kepala SMK KAL-1 Letkol Laut (KH) Drs Burhan. LDKD SMK KAL-1, untuk tahun Pelajaran 2019/2020 sengaja diikuti seluruh siswa baru dari 4 jutrusan, Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) 74 siswa, Jurusan Teknik Pemesinan (TPM) 50 siswa, Jurusan teknik Instalasi Tenaga Listri (TITL) 26 siswa, dan jurusan Teknik Audio Video (TAV) 18 siswa.

Pembukaan LDKS ditandai dengan penyematan tanda peserta secara simbolis kepada perwakilan yang di tunjuk dari masing-masing jurusan oleh Inspektur upacara.

Kepala SMK KAL-1 dalam amanatnya menekankan bahwa “Seluruh staf manajemen, guru, pelatih dan seluruh peserta LDKS dapat mewujudkan tekat SMK KAL-1 menghasilkan out put generasi Muda yang berkarakter Disiplin,Jujur Santun dan Profesional."

Pelaksanaan LDKS dimulai 25 - 27 September di Villa MCA Pacet Mojokerto dengan melibatkan seluruh manajemen sekolah mulai dari Kepala Sekolah, para Waka, Kepala Program Pembina Osis, Pabingsis/perwira pembimbing siswa dan beberapa guru yang di tunjuk. Mereka langsung penyampaian materi antara lain materi keorganisasian, kedisiplinan, kepemimpinan. Berbagai materi juga diberikan meliputi PBB (peraturan baris berbaris), cinta tanah air/bela negara, kemampuan siswa dalam kecakapan mental, mampu berbicara di depan orang banyak, mengeluarkan pendapat, pembuatan program kerja organisasi hingga pemikiran mengenai seorang pemimpin yang bijaksana. ***