TOBASA-IJTI Pusat dan Provinsi Sumut gelar pengukuhan pengurus Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Tapanuli Raya yang beranggotakan para kontributor Televisi dari daerah Kabupaten Tobasa, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Samosir, Pak Pak Barat dan Kab. Dairi di Convantion Hall Restoran Sinar Minang Balige Rabu, (25/9/2019).

Pengukuhan IJTI Tapanuli Raya di Toba Samosir dengan motto Jurnalis Televisi Cerdas Indonesia Kuat hadir dalam pengukuhan IJTI Tapanuli Raya Ketua JTI Pusat Syaful Anwar bersama dengan Ketua IJTI Prov. Sumut Budiman Amin Tanjung, SH.

Dalam sambutannya Ketua IJTI Pusat Syaiful Anwar menyampaikan bahwa IJTI adalah sebuah organisasi yang lahir untuk membela kebutuhan para wartawan televesi di Indonesia dalam menjalankan tugas jurnalistiknya.

Dijelaskannya organisasi wartawan yang resmi dan diakui oleh Dewan Pers di Indonesia hanya 3 organisasi wartawan Yakni PWI (Persatuan Wartawan Indonesia), IJTI ( Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia) dan AJI (Asosiasi Jurnalis Indonesia).

Diakuinya, memang banyak organisasi organisasi wartawan sejenis yang lahir, namun mereka tidak mampu menunjukan ekesitensi keindenpendensiannya.

Charles Sitohang Ketua DPD IPK Kab.Tobasa dalam sambutannya menyampaikan, para jurnalis yang tergabung di organisasi IJTI sanggup memegang teguh amanah dari dewan penasehat IJTI Pusat serta bisa di pegang dan dijaga dalam menjalakan tugas profesinya sebagai Wartawan.

"Dengan ilmu jurnalistik yang dimiliki oleh masing masing wartawan, hendaknya Para jurnalis mampu tetap menjaga komunikasi yang baik dan beretika kepada para nara sumber yang akan di jadikan sumber informasi demi kelancaaran tugas jurnalistiknya untuk sebuah pemberitaan.

Hal senada juga di sampaikan Benhard Siregar Ketua FKPPI Tobasa sembari menyampaikan kiranya Pemerintah Kabupaten bisa menjalin kerja sama kemitraan yang semakin lebih baik dengan para jurnalis. "Kedepannya sebagai mitra dalam pembangunan hendaknya kemitraan antara Pemkab dengan Pers sebagai mitra pembangunan dalam bidang pemberitaan haruslah terwujudkan dalam berbagai bentuk kerja sama sebagai wujud Kemitraan Wartawan dengan Pemerintah Kabupaten," tegasnya.

Wakil Bupati menyampaikan ucapan selamat kepada pengurus IJTI Tapanuli Raya yang baru. "Hendaknya jadilah para jurnalis yang handal dan terpercaya serta memunculkan berita yang aktual dan terpercaya dalam hal penyebar luasan informasi dalam pemberitaan,"harapnya.

Wakil Bupati dalam harapannya menyampaikan, para jurnalis yang tergabung dalam IJTI Tapanuli Raya bisa tetap berjalan bersama dengan Pemerintah dengan hubungan kerja sama kemitraan dalam hal upaya untuk peningkatan dan kemajuan pembangunan di Kab.Tobasa melalui pemberitaan oleh para Jurnalis.

Ditegaskan Wabup, hendaknya para pejabat yang bertugas di Pemkab Tobasa harus menjalin komunikasi yang baik dengan seluruh insan Pers/Jurnalis dan jangan anti dengan para wartawan. "Jangan bersembunyi dari kejaran wartawan, berikanlah informasi yang dibutuhkan sesuai dengan tufoksinya. Hal tersebut sesuai dengan amanah UU Pokok Pers No. 40 Tahun 1999 dan UU KIP (Keterbukaan Informasi Publik)," egas Wabup.

Pada kesempatan tersebut dilanjutkan dengan penyerahan Ulos Batak sebagai cendra mata dari Pemkab Tobasa kepada Pengurus IJTI Pusat dan prop, Sumut serta menyerahkan plakat Pemkab Tobasa kepada IJTI sebagai cendramata dan ikatan kemitraan. Sebaliknya IJTI juga memberikan cendra mata kepada Pemkab Tobasa yang diterima langsung oleh Komandan Kompi 125 Simbisa bersama dengan wakil Bupati Ir. Hulman Situorus, M.Si dengan Pemkab Taput yang diterima oleh Kadis Kominfo Kab,Taput Pamudi Sagala.

Para undangan dari berbagai Forkopimda hadir Wakil Bupati Ir. Hulman Sitorus, M.Si, Kadis Kominfo Drs. Lalo H. Simanjuntak, M.Si, Mewakili Kapolres Tobasa Kabag Humas Polres Tobasa Aipda Pol. Priden Sinaga, Kadis BKKBN Kab.Tobasa dr. Pontas Batubara, Komandan Kompi 125 Simbisa Lettu Inf. Rhadi, Camdrow Manurung Anggota DPRD Terpilih DAPIL 2 parai Nasdem, Ketua IPK DPD Kab.Tobasa Charles Sitohqng, Ketua DPD FKPPI Kab.Toba Samosir, Kadis Kominfo Kab.Tapanuli Utara Pamudi Sagala, ST, hadir mewakili PWI DPD Bona Pasogit Tapanuli Raya Maruli Simanjuntak.*