JAKARTA - Meski hanya berstatus runner-up Grup G, Indonesia dipastikan lolos ke babak putaran final Piala AFC U16 tahun 2020 di Bahrain. Indonesia berhak melaju dengan menjadi salah satu dari empat runner-up  tim terbaik yang lolos untuk menemani 11 tim juara grup dan tuan rumah. Babak penyisihan grup Piala AFC U16 telah menyelesaikan seluruh pertandingannya pada Senin (23/9) dini hari. Tim-tim yang lolos dengan status juara grup yakni; Tajikistan (grup A), India (grup B), Iran (C), Arab Saudi (grup D), Qatar (grup E), Uni Emirate Arab (grup F), China (grup G), Australia (grup H), Korea Utara (grup I), Jepang (grup J), dan Korea Selatan (grup K).

Adapun tim runner-up terbaik; Indonesia (grup G), Yaman (grup E), Uzbekistan (grub B), dan Oman (grup D). Adapun Bahrain lolos dengan status sebagai tuan rumah. 

Indonesia menjadi runner-up grup setelah pada laga terakhir bermain imbang dengan China 0-0 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta pada hari Minggu malam. China dan Indonesia sama-sama mendulang 10 poin dari tiga hasil kemenangan dan satu kali imbang. Namun, China memuncaki klasemen grup G dengan selisih dua gol lebih baik.

"Tentu kita mensyukuri hasil yang dicapai timnas Indonesia. Mereka sudah berjuang habis-habisan pada laga terakhir. Dengan lolos ke putaran final, maka persiapan tim harus lebih baik lagi." kata Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria.

Pelatih timnas Indonesia, Bima Sakti mengakui masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. "Kita akan evaluasi semuanya. Yang pasti kita tidak boleh santai untuk menghadapi putaran final." ujar Bima Sakti. ***