MEDAN-Sekitar pukul 17:05:44 terjadi Gempa bumi tektonik dengan 2,8 magnitudo yang mengguncang wilayah Medan dan sekitarnya, Minggu (22/9/2019). Gempa tersebut cukup dirasakan sejumlah warga Kota Medan dan sekitarnya.

Seperti yang dikatakan Awi salah seorang warga Medan Johor bahwa guncangan sangat terasa. "Ia cukup kuat guncangannya," katanya pada wartawan.

Hal yang sama dikatakan oleh Lenny, Warga Medan Amplas bahwa anaknya sampai ketakutan karena guncangan gempa tersebut. "Semoga tidak terjadi gempa susulan," harapnya.

Terpisah, Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan Edison Kurniawan, menjelaskan hasil analisis BMKG menunjukan bahwa gempabumi terjadi pada pukul 17:05:44 WIB dengan kekuatan M=2.8. Berdasarkan informasi warga, intensitas guncangan gempabumi tersebut Dirasakan di Medan II-III.MMI.

"Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 3.62 LU dan 98.74 BT, tepatnya di darat 16 km Barat Laut Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara pada kedalaman 5 km. Ditinjau dari kedalaman hiposenter, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal yang menyebabkan terjadi deformasi batuan, sehingga memicu terjadinya gempa bumi," terangnya.

Lanjutnya, Hingga laporan ini disusun belum ada laporan kerusakan maupun korban. Untuk itu, masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG serta arahan dari BPBD.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg)," pungkasnya.*