MEDAN - Pengunjung padati acara penutupan Expo iB (Islamic Banking) Vaganza 2019 'Serunya Bertransaksi Syariah' yang digelar Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bekerjasama dengan industri perbankan syariah di Indonesia menggelar pameran di Plaza Medan Fair selama 3 (tiga) hari dari tanggal 20 – 23 September 2019 berlangsung sukses dengan ditutup tarian tor-tor modern.

Expo iB Vaganza secara resmi dibuka langsung oleh Gubsu yang diwakili oleh Kepala Biro Administrasi Pembangunan Pemprovsu, Syafruddin . Deputi Direktur Bidang Edukasi OJK Bapak Jalius, Kepala Bagian Informasi OJK Anugrah Sutejo serta Kepala Kantor Regional 5 OJK Sumatera Bagian Utara, Yusup Ansori. Acara dilakukan Penyerahan CSR dari Bank BNI Syariah yang merupakan Koordinator Pelaksanaan iB Vaganza Medan 2019.

Expo iB Vaganza ini diikuti oleh OJK, LPS dan 22 pelaku industri keuangan Syariah yaitu Bank BNI Syariah, Bank Sumut Syariah, Bank Aceh Syariah, Bank Syariah Bukopin, Bank Mandiri Syariah, BRI Syariah, Bank Muamalat Indonesia, BCA Syariah, Bank Danamon Syariah, Bank Mega Syariah, BTN Syariah, Bank Panin Dubai Syariah, BTPN Syariah, Bank Sinarmas Syariah, OCBC NISP Syariah, CIMB Niaga Syariah, Pegadaian Syariah, Askrindo Syariah, BPRS Gebu Prima, BPRS Puduarta Insani, BPRS Alwashiyah, BPRS Amanah Insan Cita serta didukung juga oleh PT Rintis Sejahtera (Jaringan ATM Prima).

Dalam iB Vaganza ini, beberapa rangkaian acara yang dilaksanakan seperti, aneka lomba meliputi aneka lomba (mewarnai, hafalan bacaan ayat pendek, stand up comedy, dan fashion show industri keuangan syariah), hiburan musik, aneka permainan, dan pembagian doorprize harian yaitu smartphone, voucher belanja, emas dan sepeda dengan Grand Prize 1 Buah Sepeda Motor.

Selain itu, talkshow edukasi dan sosialisasi produk dan layanan keuangan syariah dengan narasumber dari OJK dan pelaku industri jasa keuangan syariah. Adapun target selama iB Vagaza di Kota Medan ini untuk number of account (NoA) 3000 rekening dengan volume senilai Rp5 miliar.

Dalam sambutannya, Tengku Mahmud Jeffry, Direktur Bisnis dan Syariah Bank Sumut mengatakan terimakasih dan mengapresi OJK setinggi-tingginya atas even expo vaganza Syariah 2019. Meski berlangsung hanya tiga namun kegiatan dapat menghasilkan hal positip dalam mengedukasi masyarakat terkait produk-produk perbankan syariah.

"Even rutin utk menggairah perekonomian syariah dan bermuamalat untuk menumbuhkan minat dan mengenal produk-produk syariah kepala masyarakat luas," ungkapnya.

"Alhamdulillah, hari ini telah berakhir literasi dan edukasi layanan keuangan syariah. Selama tiga hari mulai tanggal 20 - 22 September 2019, masyarakat dikenalkan dengan layanan dan produk keuangan syariah," kata Deputi Edukasi OJK, Jalius saat penutupan Expo iB (Islamic Banking) Vaganza 2019, Minggu (22/9/2019).

Menurutnya, Medan merupakan kota ketiga pagelaran Expo iB (Islamic Banking) Vaganza 2019, yang sebelumnya telah terlaksana di Balikpapan dan Palembang. "Dan, kegiatan ini akan hadir di Solo sebagai kota ke empat pelaksanaan Expo iB (Islamic Banking) Vaganza 2019 pada bulan November mendatang," katanya.

Tak lupa ia mengucapkan terimakasih atas partisipasi industri keuangan syariah di Kota Medan yang turut menyukseskan event Expo iB (Islamic Banking) Vaganza 2019.

Jalius menyebutkan, masyarakat masih minim mengenal dan memahami layanan dan produk keuangan syariah. "Dan melalui kegiatan ini, OJK berharap, masyarakat mendapatkan literasi dan edukasi inklusi keuangan syariah," katanya.

Expo iB (Islamic Banking) Vaganza 2019 sangat penting diagendakan, karena sebagai sarana edukasi dan literasi dalam mendekatkan keuangan syariah ke tengah masyarakat.

Dia berharap, melalui event Expo iB (Islamic Banking) Vaganza 2019 dapat meningkatkan kontribusi dan akselerasi layanan dan produk syariah ke masyarakat.*