TEMBILAHAN-Seorang bocah di Parit 18, Sungai Pelanduk, Desa Pulau Kecil, Kecamatan Reteh, Indragiri Hilir (Inhil), Riau bernama Firdaus ikut berjibaku melakukan pemadaman api di dekat kebun milik orangtuanya. Bersama tim pemadam dari TNI, Polri dan masyarakat, bocah 11 tahun tersebut tidak hanya membantu mengganti dan mengangkat selang, namun ia juga ikut melakukan penyiraman.

Bocah yang akrab disapa Daud itu, turut berjibaku memadamkan api guna menjaga agar kebun milik orangtuanya tidak habis terbakar.

Meski dikepung asap dan hanya menggunakan masker bedah, bocah yang kini duduk di kelas 5 sekolah dasar itu tidak menyerah hingga api benar-benar padam.

"Anak ini membantu mengangkat selang, menyambung selang dan jg membantu menyiram seperti yang ada di foto," jelas Nahrawi, salah seorang warga yang turut berjibaku melakukan pemadaman api di lahan yang terbakar.

Nahrawi pun menuturkan, sumber api sendiri berasal dari parit 13 yang merembet hingga ke parit 18, dimana ada kebun milik orangtua daud.

"Kebetulan lahan orangtuanya berada di belakang lokasi yang sedang terbakar. Sudah empat hari keluarganya berjaga di lokasi tersebut agar kebunnya tidak kena api," lanjut pria yang juga Komisioner KPU Inhil itu.

Nahrawi pun menambahkan saat ini api sudah dalam keadaan padam, hanya dalam proses pendinginan agar api tidak muncul kembali.

"Alhamdulillah api sudah padam. Saat ini masih proses pendinginan," lanjutnya.(ayu)