TOBASA-Tonjolkan Pelestarian Monumen Pusaka, Padan ni raja Sonak Malela Bontatar Naga Baling Balige Raja (di Pusat Kota Balige) Kab.Tobasa sebagai salah satu lokasi wisata budaya yang memiliki nilai kesakralan dan Historis Raja Sonak Malela dari jaman dahulu hingga keturunannya (Pomparannya) di era zaman teknologi canggih saat ini, FKM - ABOS Kab,Toba Samosir Raih Juara Terbaik V Kategori Mobil Hias.

Pagelaran Karnaval hari Ke Dua, Ribuan pengunjung banjiri kota Balige Kab,Toba Samosir menyaksikan Pegelaran Karnaval Pesona Danau Toba Ke - 4 Tahun 2019 yang bertemakan "Bingkai Ulos dalam Adat dan Kostum "digelar selama 3 hari Jumat, Sabtu dan Minggu (13 - 15 September 2019).

Hari Kedua Sabtu, (15/9/2019) pada pagelaran Karnaval Pesona Danau Toba ke - 4 Tahun 2019 menggelar 3 kategori lomba yakni Karnaval Pesona Danau Toba Kategori Mobil Hias, Kategori Ulos pada Bingkai Adat dan Kategori Ulos pada Bingkai Kostum.

FKM - ABOS Kab,Toba Samosir Raih Juara Terbaik V Kategori Mobil Hias dengan menampilkan Kesederhanaan Ulos sebagai Pakaian dan Kearifan budaya leluhur Raja Sonak Malela yang ada dari zaman dahulu hingga saat ini telah tergambar dan terlukiskan pada Monumen Pusaka Padan ni Raja Sonai Malela dengan menampilkan pelestarian Monumen Pusaka Padan ni Raja Sonak Malela Naga Baling Balige Raja (Kota Balige) Kab.Tobasa.

Dengan menampilkan dan membawakan Monumen Pusaka Padan ni Raja Sonak Malela Naga Baling Balige Raja (Kota Balige) Kab.Tobasa.keturunan (Pomparan) Raja Sonak Malela sebagai mendukung Pemerintah Daerah,Propinsi dan Pusat untuk memdukung Monumen Pusaka Padan ni Raja Sonak Malela menjadi salah satu ikon dan lokasi wisata budaya yang memiliki nilai kesakralan dan Historis Raja Sonak Malela dengan Keturunannya (Pomparannya) dari jaman dahulu hingga di era zaman tehnologi canggih saat ini.

Pada Karnaval Pesona Danau Toba Ke - 4 Tahun 2019 Kategori Mobil Hias Forum Komunikasi Sonak Malela Anak, Boru Sedunia (FKM - ABOS) Kab.Toba Samosir berhasil meraih juara terbaik V.

Untuk Juara I berhasil diraih oleh Kecamatan Porsea, Juara II oleh Kecamatan Sigumpar, Juara III oleh Kecamatan Siantar Narumonda dan Juara IV di raih oleh Kecamatan Tampahan.

Togi Napitupulu pengurus FKM - ABOS Kab.Toba Samosir kepada Gosumut menjelaskan, FKM - ABOS Kab.Toba Samosir ikit menjadi peserta Karnafal Pesona Danau Toba Ke - 4 Tahun 2019 berkat dukungan dan kepedulian Keturunan Raja Sonak Malela yang tergabung di FKM - ABOS secara Khusus Bapa Uda Tengku Pardede.

Dijelaskan Togi, mengetahui kegiatan KPDT Ke - 4 Tahun 2019 akan digelar oleh Pemkab Tobasa, "Bapa Uda Tengku langsung mensupport kita pomparan Raja Sonak Malela Balige Kab.Tobasa supaya ikut menjadi salah satu peserta Karnaval dan beliau langsung memberikan dana untuk pembuatan Mobil Hias menjadi peserta Karnaval Pesona Danau Toba Ke - 4 Tahun 2019. Puji Tuhan kita ucapkan, tidak pernah kita berangan angan untuk meraih juara, pada prinsipnya kita ikut menjadi peserta Karnaval untuk menunjukka keberadaan Keturunan (Pomparan) Raja Sonak Malela tetap ekssis dan bersatu dalam Bingkai adat dan Budaya Suku Batak,"ujarnya.

Hal ini juga menunjukkan bahwa Raja Sonak Malela adalah pemilik Kampung (Huta) yang diberi nama Balige Raja yakni Kota Balige Kab.Toba Samosir serta menunjukkan kepada Pemerintah khususnya kepada Dunia bahwa Keturunan (Pomparan) Raja Sonak Malela tetap komit mendukung dan melestarikan Kawasan wisata Danau Toba sebagai Destinasi Pariwisata Go International sebagaimana yang direncanakan oleh Pemerintah Pusat menjadi Kawasan wisata "Monaco Of Asia".

Hari ke 3 Karnaval digelar dengan berbagai Hiburan oleh artis artis ternama dari ibu kota Negara Jakarta dan berbagai atraksi penampilan seni budaya oleh beberapa sanggar Seni Budaya dari Kabupaten se Kawasan Danau Toba.

Hari ketiga juga sebagai hari akhir dan penutupan pagelaran Karnaval yang dirangkai dengan pengumaman peraih juara terbaik di setiap lomba yang di pertandingkan pada Karnaval Pesona Danau Toba Ke - 4 Tahun 2019.*