JAKARTA - Sejumlah strategi dilakukan Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo dalam membangun sistem parlemen moderen. Salah satunya adalah dengan memberikan layanan kepada masyarakat melalui aplikasi yang bernama "DPR Now".

Guna menyukseskan program 'Parlemen Moderen' tersebut, tentu dibutuhkan kerja keras dan keterlibatan Kesekjenan DPR, wartawan dan humas.

Hal ini diungkapkan Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar dalam acara Forum Komunikasi dan Sosialisasi Program Kerja (FKSPK) DPR RI dengan Koordinatoriat Wartawan Parlemen yang dihadiri 100 wartawan yang tergabung pada Koordinatoriat Wartawan Parlemen, di Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (20/9/2019).

Menurut Iskandar, Forum Komunikasi dan Sosialisasi Program Kerja (FKSPK) DPR RI dengan Koordinatoriat Wartawan Parlemen, adalah program yang berkaitan erat dengan misi parlemen modern.

Karena melalui program tersebut, wartawan diajak secara langsung untuk mendengar paparan terkait sosialisasi program kerja keparlemenan untuk selanjutnya disosialisasikan dan disebarluaskan kepada masyarakat.

"Kita berharap, dengan adanya forum komunikasi ini, rekan-rekan media dapat membantu mensosialisasikan program-program DPR RI dan dapat menyampaikan aspirasi masyarakat untuk dapat terus menyukseskan parlemen yang modern sebagai komitmen DPR RI,” terang Indra.

Indra mengungkapkan, dirinya akan membuka akses seluas-luasnya kepada masyarakat untuk mengetahui hal-hal terkait keparlemenan.

Menurutnya, selain media masa, mdia sosial juga menjadi salah satu elemen yang bisa dimaksimalkan. "Fokus utama dari parlemen modern yaitu teknologi informasi, keterbukaan akses informasi dan fungsi representasi. Untuk itu DPR membuka akses seluas luasnya dengan elemen masyarakat, baik langsung maupun melalui teknologi," tukasnya.

Keterbukaan informasi di parlemen dimaksudkan agar dapat diakses masyarakat dan masyarakat mengetahui cara kerja DPR beserta dukungan teknologi informasi digital, serta sarana keorganisasian di belakangnya dan memiliki dimensi akuntabilitas publik yang kuat.

Melalui kegiatan FKSPK ini maka parlemen akan semakin dekat dengan Koordinatoriat Wartawan Parlemen yang diharapkan semakin mempercepat proses distribusi informasi terkait kegiatan yang ada di DPR RI kepada masyarakat.

Karena pada prinsipnya kata Indra, parlemen moderen memerlukan kedekatan antara parlemen dengan masyarakat dan media adalah sebagai penghubungnya.

Untuk diketahui, FKSPK kali ini mengankat tema 'Sinergi DPR RI dan Wartawan Parlemen Dalam Menyukseskan Parlemen Modern' dibuka langsung Ketua DPR RI Bambang Soesatyo.

Turut hadir dalam acara tersebut, Deputi Persidangan Sekretariat Jenderal DPR RI Damayanti, Kepala Bagian Media Cetak dan Media Sosial DPR RI Muhammad Dzajuli, Ketua Koordinatoriat Wartawan Parlemen Romdony Setiawan, serta pejabat dan pegawai di lingkungan Setjen dan BK DPR RI.***