TOBASA-Pelaksanaan hari ke 2 Sabtu, (14/9/2019) Karnaval Pesona Danau Toba Ke - 4 Tahun 2019 yang dikuti oleh beberapa Kabupaten/Kota sekawasan Danau Toba serta dari Propinsi Sumut dengan menampilkan pagelaran Mobil Hias dan pakaian Adat sesuai dengan tema KPDT Ke - 4 Tahun 2019 "Ulos Dalam Bingkai adat dan Kostum".

Pagelaran lomba mobil Hias pada KPDT Ke - 4 Tahun 2019 resmi di lepas oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pujiastuti yang dihadiri juga oleh Pengusaha dan Pemilik Hotel Labersa Bintang 4 dengan 9 Lantai (Tingkat) yang saat ini sedang dibangun di desa Tampubolon Kec, Balige Harangan Huatahaean pemilik usaha Perkebunan dan Pabrik Kelapa Sawit di P. Baru.

Hadir Juga dalam acara KPDT Ke - 4 Tahun 2019 Direktur Utama BPODT Ari Prasetyo, Kapolres Tobasa AKBP. Agus Waluyo, SIK,Pejabat UPTD Kelautan dan Perikanan Prop.SUMUT dan Kodya Sibolga, Pimpinan Forkopimda, Seluruh pejabat dan Kepala SKPD Pemkab Toba Samosir serta beberapa kalangan Pengusaha.

Pelaksanaan Karnaval Pesona Danau Toba Ke - 4 Tahun 2019 yang dibanjiri oleh ribuan pengunjung dari berbagai pelosok dan daerah membuat kota Balige jadi lautan manusia dan menutupi Jalan Negara Lintas Sumatera Kab.Toba Samosir selama kurang lebih 7 Jam.

Untuk mengatasi kemacetan oleh Polres Tobasa melalui satuan Lalulintas Polres Tobasa telah melakukan pengalihan arus lalulintas supaya tidak menghambat jalannya arus lalulintas selama pelaksanaan Karnaval.

Beberapa juara lomba pada pagelaran Karnaval Pesona Danau Toba ke - 4 Tahun 2019 yang bertemakan " Ulos dalam Bingkai Adat dan Kostum" yang menggelar lomba pada 3 kategori lomba yakni Karnaval Pesona Danau Toba Kategori Mobil Hias, Kategori Bingkai Adat dan Kategori Bingkai Kostum.

Untuk Pemenang Karnaval Pesona Danau Toba Kategori Mobil Hias Juara I nerhasil diraih Kecamatan Porsea, Juara II oleh Kecamatan Sigumpar, Juara III oleh Kecamatan Siantar Narumonda, Juara IV di raih Kecamatan Tampahan dan Juara V berhasil diraih oleh Forum Komunikasi Sonak Malela Anak, Boru Sedunia (FKM - ABOS) Kab.Toba Samosir.

Pada Kategori Bingkai Adat di ajang Karnaval Pesona Danau Toba Juara I berhsil diraih oleh Dinas PPKB, Juara II oleh Dinas Pendidikan Kab.Tobasa, Juara III oleh Kecamatan Balige, Juara IV oleh Setdakab Toba Samoair dan Juara V diraih oleh Bappeda.

Sedangkan untuk kategori Bingkai Kostum pada Karnaval Pesona Danau Toba Juara I diraih oleh Setdakab, Juara II oleh Sekretariat DPRD Kab.Toba Samosir, Juara III berhasil diraih oleh Sanggar Bonafide untuk Juara IV oleh Dinas PUPR dan untuk Juara V oleh Kecamatan Balige.*