SERDANG BEDAGAI-Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Drs Agus Andrianto bersama rombongan menghadiri kegiatan Pencanangan Pemberdayaan Ekonomi Hutan Kemasyarakatan dan sekaligus peletakan batu permata pembangunan Pandopo Kusumo bertempat Pinggir Pantai Naga Jaya Dusun IV Desa Naga Kisar Kec Pantai Cermin Kab Sergai, Jumat (20/9/2019) sekira pukul 14:35 WIB.

Dalam kunjungan turut hadir mendampingi Kapolda Sumut, Dansat Brimob Polda Sumut Kombes Pol Abu Bakar, Dir Intelkam Polda Sumut Kombes Pol Dedi Kusuma Bakti SIk, MTCP, Dir Pam Obvit Polda Sumut, Kombes Pol Dr H Hery Subiansauri SH, MH, MSi, Ka SPN Hinai Polda Sumut Kombes Pol Teguh Yuswardhie SIK MH, Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsa Atmatja SIK, Kabid Labfor Polda Sumut Kombes Pol Wahyu Marsudi S.Si, MSi, Kabid Keuangan Polda Sumut Kombes Pol Teguh Slamet Karyono SH.

Dalam secara langsung disambut oleh Ketua Umum DPP Perkumpulan Pemberdayaan Masyarakat Pertanian (PPMP) Indonesia SUSJAS AMRI,Ketua DPW Pujakesuma Provinsi Sumut EKO SUPIANTO, SE, Kapolres Sergai AKBP H. Juliarman Eka Putra Pasaribu S,Sos, SIk, Msi, Mewakil Bupati Sergai melalui Sekdakab Sergai Drs. Hadi Winarno,MM. Mewakili Danlanud Suwondo TNI AU Kasiang Mayor KAL, Khairul Azmi, Mewakil Kajari Sergai yaitu Kasi Barang Bukti Tulus SH, Mewakili Dandim 0204/DS yaitu Danramil Pantai Cermin, Kapten Arm Tambok Sinaga, Ketua DPD PKB Pujakesuma Kab Sergai, Sutrisno, SH, Ketua Gapoktan Naga Jaya Suwondo B Hariant, Koordinator ANSU Sergai Khairul Marpaung, Ketua Panitia Kegiatan M. Yamin S.Ag dan Masyarakat yang hadir sekitar 5000 orang.

Dalam kunjungan Kapolda Sumut beserta rombongan tiba dilokasi disambut dengan atraksi Silat Banjar. Kemudian melakukan Penanaman Padi, Penaburan benih ikan dan Penanaman Pohon keras jenis Cemara, Trembesi, Ketapang dan tanjung dan dilanjutkan Peletakan batu pertama pembangunan Pendopo Kusumo Gapoktan Naga Jaya / Pujakesuma / ANSU dan Penandatanganan prasasti Pendopo Kusumo Gapoktan Naga Jaya / Pujakesuma / ANSU oleh Kapolda Sumut.

Bupati Sergai Ir H Soekirman melalui Sekdakab Sergai Drs. Hadi Winarno,MM menyampaikan Selamat datang Bapak Kapolda Sumut beserta rombongan di Kab Sergai. Dalam acara ini menyampaikan permohonan maaf dari Bupati dan Wakil Bupati Sergai yang berhalangan hadir dikarenakan adanya tugas diluar Kota.

"Kami Pemerintah dan Masyarakat Kab Sergai sangat berterimakasih kepada Bapak Kapolda Sumut yang telah hadir di Kab Sergai," Alhamdulillah situasi Kamtibmas di Kab Sergai masih aman dan kondusif atas perhatian dari Bapak Kapolda Sumut,"ujarnya.

Sementara itu Ketua DPD PKB Pujakusuma Sergai, Sutrisno SH yang didampingi oleh Ketua Gapoktan Naga Jaya dan Koordinator ANSU Sergai mengucapkan terimakasih kepada Bapak Kapolda Sumut yang telah bersedia hadir pada kegiatan ini.

"Secara umum tujuan penanaman pohon untuk memakmurkan kehutanan yang ada di Indonesia dan direncanakan pemberdayaan hutan akan dilakukan melalui beberapa skema untuk meningkatkan ekonomi masyarakat,"ungakapnya.

Kapolda Sumut Irjen Pol Drs Agus Andrianto dalam arahan dan bimbingan mengatakan Mari kita tingkatkan kerukunan antar umat beragama, mari kita sejahterakan kelompok tani untuk kemajuan dan kemakmuran Petani di Indonesia.

"Selain itu, mari kita dukung program dan kebijakan Pemerintah Pusat untuk kemajuan Indonesia," kata Drs Agus Andrianto. Menurutnya, Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Kepolisian dengan Kelompok Tani dalam rangka penanaman padi, penaburan benih ikan dan penanaman pohon yang bertujuan untuk membantu perekonomian masyarakat di Kabupaten Sergai.

"Dengan diterimanya ijin pemanfaatan hutan oleh Gapoktan agar benar-benar diberdayakan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sehingga dapat menjadi contoh bagi kelompok tani lainnya,"ujarnya.

Usai acara, Kapolda Sumut melakukan Penyerahan bantuan berupa Kambing, Genset dan sembako secara simbolis dan oleh Penandatanganan Komitmen Bersama dalam rangka pemulihan dan perlindungan ekosistem di areal IUPHKM Gapoktan Naga Jaya seluas 261 Ha dan dilanjutkan Peninjauan pembangunan tempat ibadah di sekitar lokasi Pantai Naga Jaya.*