TOBASA-Ribuan Kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial - Kartu Indonesia Sehat (BPJS - KIS) tahap ke III (Tiga) Tahun 2019 di Kabupaten Toba Samosir hingga saat Jumat, (20/9/2019) belum disalurkan.

Kepala BPJS Toba Samosir Dolok Erikson Irony Siagian saat di konfirmasi Gosumut di kantornya Jl.D.I. Panjaitan No.2 BaIige Jumat, (20/9/2019) menjelaskan bahwa Kartu peserta BPJS Kesehatan Tahap III (Tiga) telah di serahkan kepada Dinas Sosial yang diterima langsung oleh Kepala Dinas Sosial dr. Rajaipan Sinurat, M. Kes.

Dijelaskan Dolok, BPJS Kesehatan Kab.Tobasa telah menyerahkan Kartu BPJS Kesehatan - Kartu KIS (Kartu Indonesia Sehat) PBI APBN Kab.Tobasa sebanyak 3.307 Kartu Keluarga dengan jumlah peserta 5.312 Kartu, untuk selanjutnya didistribusikan kepada peserta penerima Kartu KIS, sehingga apabila peserta memerlukan pelayanan di Pemberi Pelayanan Kesehatan (PPK), para peserta sudah menunjukkan kartu KISnya.

Lanjut Dolok, penyerahan Kartu JKN KIS PBI APBN Tahap III Tahun 2019 sesuai Keputusan Menteri Sosial No. 36/HUK/2018 Kabupaten Toba Samosir tertuang pada surat berita acara serah terima Kartu JKN KIS PBI APBN Kabupaten Toba Samosir Nomor : 1277/BA/I.02/0719 dengan Nomor : 460/398/Dinsos/2019 pada hari Senin, 08 Juli 2019.

Ditambahkannya, Kartu JKN KIS PBI APBN Tahap III Tahun 2019 sesuai Keputusan Menteri Sosial No. 36/HUK/2018 warga Pemerintah Kabupaten Toba Samosir penerima Tahap III (Tiga) dari 15 Kecamatan sebanyak 5312 Jiwa.

"Untuk penyaluran ini, saya sudah beberapa kali menyarankan kepada Kepala Dinas Sosial Kab.Tobasa supaya segera di salurkan, Kadis Sosial mengatakan kepada saya kita akan salurkan segera dan secepatnyai, bahkan dalam Minggu ini (bulan September 2019) saya masih mengingatkan Kadis supaya Kartu BPJS - KIS dibagikan dan beliau berjanji akan mendistribusikannya Minggu ini namun belum juga di bagikan," tegasnya.

Dalam 3 bulan terakhir ini (akhir bulan Juli dan Bulan Agustus/September 2019) sudah banyak warga yang datang kekantor BPJS Kesehatan Balige Kab.Toba Samosir berniat untuk mendaftarkan diri dan Keluarganya menjadi peserta Mandiri BPJS Kesehatan.

"Karena mereka sudah terdaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan JKN KIS PBI APBN Tahap III Tahun 2019 sesuai Keputusan Menteri Sosial No. 36/HUK/2018 tidak bisa kita daftarkan lagi dan kita sarankan untuk memintanya kada Kepala Desanya karena sudah selesai kita cetak dan sudah kita serahkan kepada Dinas Sosial untuk di distribusikan namun jawaban mereka belum ada diserahkan padahal kenyataannya sudah kita serahkan per 08 Juli 2019," tegas Dolok.

"Jadi Kartu BPJS Kesehatan JKN KIS PBI APBN Kabupaten Toba Samosir Tahap III (Tiga) telah kita serahkan sudah di 3 Bulan yang lalu tepatnya tanggal 08 Juli 2019 bukan 2 atau 3 Minggu lalu," tegas Kepala Toba Samosir BPJS Kesehatan Dolok Erikson Irony Siagian.

Kepala Dinas Sosial dr. Rajaipan Sinurat, M.Kes kepada Gosumut saat dikonfirmasi via selulernya Jumat, (20/9/2019) menjelaskan, Kartu BPJS Kesehatan JKN KIS PBI APBN Kabupaten Toba Samosir Tahap III (Tiga) baru diterima sekitar 2 atau 3 Minggu lalu. berbeda jauh dengan penjelasan Kepala Toba Samosir BPJS Kesehatan Dolok Erikson Irony Siagian berikut dengan Berita Acara serah terima kartu JKN KIS PBI APBN Tahap III tahun 2019.

"Kartu tersebut dalam Minggu ini akan kita distribusikan melalui Kantor Kecamatan supaya Camat memanggil Kepala desannya yang warga desanya menjadi peserta/penerima Kartu BPJS Kesehatan Kartu KIS Tahap III (Tiga) 2019. Saat penyerahan nanti akan kita falidasi atau kros cek data peserta penerima apakan sesuai dengan data kependudukannya sebagai penerima peserta BPJS Kesehatan Kartu KIS dan harus tepat sasaran,"ucap Kadis.

Ditambahkannya, keterlambatan penyaluran juga karena baru baru ini saya sakit dan menjalani operasi.*