MALANG - Gelandang Arema FC, Takafumi Akahoshi punya sejumlah cara agar proses adaptasinya lancar. Selain rajin menjajal makanan khas Indonesia, pemain asal Jepang itu juga segera belajar bahasa Indonesia. Takafumi Akahoshi merupakan pemain yang didatangkan Arema FC di bursa transfer putaran kedua Kompetisi Sepakbola Liga 1 2019. Pemain yang akrab disapa Aka tersebut jadi satu-satunya rekrutmen baru Singo Edan.

Sejak pertama kali diperkenalkan, Aka memang nampak dengan cepat membaur dengan pemain Arema. Aka bahkan langsung belajar bahasa Indonesia agar bisa cepat akrab dan membangun komunikasi di atas lapangan.

"Beberapa pemain bisa bahasa Inggris. Saya tahu beberapa kata bahasa Indonesia. Bukan hal mudah karena baru tiga minggu pasti tidak bisa bicara perfect," katanya.

Hal pertamanya dipelajari oleh Aka adalah istilah-istilah dalam sepak bola. Dia mulai mengerti instruksi yang sering diberikan seperti maju, mundur, kanan, kiri dan beberapa istilah sepak bola lain.

Dengan penguasaan bahasa, Aka yakin bahwa kombinasinya dengan pemain Arema FC lain akan makin bagus. Sebab, saat ini saja dia mengaku sudah bisa saling memahami dengan para gelandang Arema.

"Makan Konate dia paham Bahasa Inggris. Hendro Siswanto, saya latihan bersama-sama. Kami tidak bicara banyak. Lebih pada lakukan tugas dan bagi saya seperti mudah setelah minggu lalu saya masih belum banyak tahu," ucapnya. ***