JAKARTA - Klub Persija Jakarta resmi menunjuk Sudirman sebagai pelatih interim Macan Kemayoran mengisi posisi Julio Banuelos yang dipecat. Sebelumnya Persija mengakhiri kerja sama dengan pelatih Julio Banuelos dan asisten pelatih Eduardo Perez pada Kamis (19/9) selepas hasil buruk melawan Bali United di pekan ke-19 Kompetisi Sepakbola Liga 1 2019. Saat itu tim asal Jakarta menyerah 0-1.

Sudirman yang selama ini jadi asisten pelatih ditunjuk sebagai pelatih sementara hingga Persija memperoleh juru taktik baru. Nantinya mantan bek timnas di era 90 an ini akan dibantu oleh Ismed Sofyan dan Antonio Claudio sebagai asisten pelatih. Tidak hanya itu Persija juga mengakhiri kontrak dengan asisten pelatih Mustaqim.

“Kami menunjuk Sudirman sebagai pelatih sementara Persija dengan dibantu Ismed Sofyan sebagai asisten pelatih. Saat ini keduanya dinilai tepat untuk menjadi caretaker sampai kami mendapatkan pelatih baru untuk Persija,” ujar CEO Persija, Ferry Paulus, Jum’at (20/9/2019).

Baik Sudirman dan Ismed, keduanya sudah sangat mengenal Persija. Selain menjadi asisten pelatih tim utama, Sudirman merupakan pelatih Persija U-20. Prestasi pria yang akrab disapa coach Jendral ini juga sangat bagus saat menangani tim junior Persija tersebut.

Musim lalu, ia sukses membawa Persija U-19 keluar sebagai runner up Liga 1 U-19. Sementara di tahun ini, Persija U-20 belum terkalahkan sampai putaran kedua babak 8 besar Liga 1 U-20. Ia juga memiliki lisensi A AFC sebagai salah satu syarat menjadi pelatih tim di Liga 1.

Sementara Ismed ditunjuk sebagai asisten juga sudah sangat mengenal Persija luar dalam mengingat ia merupakan pemain paling lama membela Persija. Tidak hanya itu pria asal Aceh ini memiliki jiwa kepemimpinan pastinya bisa membantu Sudirman saat membesut tim berjuluk Macan Kemayoran karena sebelumnya ia memiliki pengalaman sebagai mantan kapten. Ismed sendiri juga sudah memiliki lisensi C AFC.

Lebih lanjut pria yang akrab disapa FP ini menambahkan bahwa manajemen sedang berusaha untuk mencari pengganti Banuelos. Mereka ingin secepatnya memiliki pelatih definitif.

“Kami usahakan agar dalam waktu dekat sudah bisa disampaikan kepada publik siapa pelatih anyar. Tentunya kami sangat selektif menunjuk pelatih baru," tutup Ferry Paulus. ***