TOBASA-Dinas PMDP dan PA laksanakan Peringatan Hari Anak Nasional 2019 dan sekaligus Pengukuhan pengurus Forom Anak Daerah Kab.Toba Samosir 2019-2021di Gedung Pendo rumah Dinas Bupati Kab.Tobasa Rabu, (18/9/2019).

Sebelum puncak perayaan pada hari Anak Nasional Rabu, (18/9/2019) pada hari Selasa, (17/9/2019) telah digelar beberapa kegiatan lomba seperti Lomba Pidato Berbahasa Inggris tingkat SD di Kantor di Kantor PMDP dan PA Kabupaten Tobasa, Lomba Vokal Solo untuk tingkat SLTP yang diselenggarakan di gedung Pendopo Kantor Bupati serta Lomba Cerita Tingkat PAUD digelar di Kantor PKK. Kadis PMDP dan PA Kab,Tobasa Hendri Silalahi dalam sambutannya menyampaikan beberapa tujuan dilaksanakannya perayaan Hari Anak Nasional 2019 adalah sebagai momen penting bagi Indonesia dalam merayakan keberadaan anak sebagai generasi penerus Bangsa.

Disampaikan Kadis untuk Tema perayaan hari anak Nasional Kab.Tobasa 2019 hendaknya "Peran Keluarga dalam Perlindungan Anak" harus lebih ditingkatkan tentunya dengan memperkuat peran keluarga dalam berbagai upaya untuk pemenuhan Hak dan Perlindungan Khusus anak serta wujudkan pengasuhan anak yang berkwalitas dengan berbasis Hak anak yang dimulai dari Keluarga.

Peringatan ini secara khusus bertujuan untuk memberikan pemahaman bagi kita bahwa anak adalah sebagai generasi penerus dan masa depan Bangsa yang berperan sebagai penerus cita cita perjuangan Bangsa Indonesia.

Untuk itu anak harus memiliki bekal kepribadian, keimanan, kecerdasan, keterampilan, Jiwa dan semangat kebangsaan serta kesegaran jasmani dan rohani supaya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Ketua TP PKK Tobasa Ny Brenda Ritawati Darwin Siagian dalam sambutannya menyampaikan, untuk itu pembinaan anak perlu diarahkan guna meningkatkan kecerdasan, kesadaran akan hak, kewajiban dan tanggung jawab kepada orang tua masyarakat bangsa dan Negara, juga mendorong Pemerintah, dunia usaha, lembaga kemasyarakatan, dunia Pendidikan dan media massa haruslah menjadi leading sektor yang berimplikasi terhadap pertumbuhan semangat Kebangsaan anak dengan melakukan pemenuhan Hak dan Perlindungan khusus bagi anak di sekitar masing masing.

Manajer Csr PT.TPL Ramida Siringoringo diharapakan kedepan anak bukan saja menjadi objek tetapi harus menjadi subjek. "Sekaitan dengan maraknya kekerasan terhadap anak saat ini semua Stake holder unsur Pemerintah dan swasta serta para Pemerhati Anak harus bekerja sama dalam hal perlindungan dan pengawasan keselamatan anak.

Dalam kesempatan tersebut oleh Ketua Asisten 2 Tata Pemerintahan Pemkab Tobasa Johnpiter Silalahi bersama Ketua TP PKK Kab.Tobasa Ny. Brenda Ritawati Darwin Siagian, didampingi Kadis PMDP dan PA Hemdri silalahi, Se. M. SI yang didampingi Kabid PP dan PA Risma Sitorus memberikan hadiah bagi para juara lomba yang digelar satu hari jelang puncak perayaan Hari Anak Nasional 2019 tingkat Tobasa.

Pada puncak perayaan Hari Anak Nasional Tingkat Kab.Tobasa Rabu, 18/09/2019 dilaksanakan pelantikan pengurus Forum Anak Tingkat Kab.Tobasa berdasarkan SK Bupati Kab.Tobasa No. 203 Tahun 2019 Tentang Pembentukan Forum Anak Kabupaten Toba Samosir periode 2019 - 2021 dengan Ketua Nico Marpaung Siswa SMP sws Bonapasogit Sejahtera Porsea, Wakil Ketua Kristian Sirait Siswa SMP N.1 Porsea, Sekretaris Ahnesia Sinaga Siswi SMP N. 2 Balige dengan Bendahara 1 Joyce Remaya Solavide Manik SMP N.4 Balige dan Bendahara 2 oleh Maria Bethania Siahaan siswi SMP N.4 Laguboti.

Beberapa pengurus Bidang Forum Anak Kab.Tobasa yang telah dikukuhkan yakni Bidang partisipasi dan perlindungan Anak sebagai Ketua Andika Parlinggoman Tampubolon siswa SMP N.4 Balige, Bidang Perkembangan Anak Ketua Asido Nainggolan Siswa SMP N.4 Laguboti, Bidang Pendidikan dan Kesehatan Ketua Clara Ayu Olivia Pardede Siswi SMP N.4 Balige, Bidang Keorganisasian dan Kelembagaan Ketua Ayu Wandira Tampubolon Siswi SMP N. 1 Atap Tampahan Kec. Tampahan dan Bidang Humas sebagai Ketua Donni Malau Siswa SMP N.2 Balige dengan jumlah total Anggota Forum Naka Kab.Tobasa sebanyak 73 Orang dengan masing masing Bodang memiliki 13 orang Anggota Pengurus.

Pada puncak perayaan Hari anak Nasional 2019 sekaligus pengukuhan Pengurus Forum Anak Kab,Tobasa dihadiri oleh Kaban Inspektorat Wallen Hutahaean, Kadis Sosial dr, Rajaipan Sinurat, Asisten 2 Johnpieter Sialalhi, Assisten 3 Parulian Siregar, Mewakili Kapolres Tobasa Kompol Jonson Butarbutar Wakapolres Toba Samosir, mewakili Dandim, 02.10 TU Danramil Balige Kapt. Inf. Poltak Pardede, Para Camat se Kab.Toba Samosir, Kepala Sekolah serta perwakilan anak dari tiap sekolah SMP dari tiap Kecamatan yang muridnya menjadi pengurus Forum Anak Tingkat Kab.Tobasa dan Tokoh masyarakat Tobasa IR.Parlin Sianipar.*