TOBASA-Menyambut Peringatan Hari Anak Nasional 2019Dinas PMDP dan PA Kab,Tobasa Gelar Lomba Balita Bercerita,Vokal Solo & Pidato Bahasa Inggris.

Dinas PMDP dan PA Kab.Toba Samosir Selasa (17/9/2019) menggelar beberapa kegiatan lomba dalam rangka memperingatai dan merayakan Hari Anak Nasional 19/09/2019 yang akan di rayakan di Pendopo rumah Dinas Kantor Nupati Kabupaten Toba Samosir.

Kabid PP dan PA Dinas PMDP dan PA Toba Samosir Risma Sitorus kepada Gosumut menjelaskan, dalam rangka memperingati hari anak Nasional oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Perempuan dan Perlindungan Anak (PMDP dan PA) melalui Bidang PP dan PA pada Selasa, (17/9/2019) telah menggelar beberapa kegiatan Lomba dengan peserta dari pada anak anak pelajar TK, PUD, SD dan SMP.

Lomba yang digelar adalah Lomba Pidato Berbahasa Inggris untuk tingkat SD di Kantor PMDP dan PA Kab.Tobasa, Lomba Vokal Solo untuk tingkat SLTP yang diselenggarakan di gedung Pendopo rumah dinas Bupati dan kehoatan Lomba bercerita oleh anak sekolah Tingkat PAUD yang kegiatannya dilaksanakan di Kantor PKK Pemkab Tobasa.

Lanjut Risma, Semua para juara lomba akan di umumkan pada saat puncak Perayaan Hari Anak Nasional Rabu, (18/9/2019) sebagai puncak perayaan dengan ketua Panitia Perayaan Hari anak Nasional Kepala Dinas PMDP dan PA Hnedri Silalahi.

Ditambahkan Risma, pada puncak perayaan Hari Anak Nasional Tingkat Kab.Tobasa Rabu, (18/9/2019) akan dilaksanakan pelantikan pengurus Forum Anak Tingkat Tobasa berdasarkan SK Bupati Kab.Tobasa No. 203 Tahun 2019 Tentang Pembentukan Forum Anak Kabupaten Toba Samosir periode 2019 - 2021 dengan Ketua Nico Marpaung Siswa SMP sws Bonapasogit Sejahtera Porsea, Wakil Ketua Kristian Sirait Siswa SMP N.1 Porsea, Sekretaris Ahnesia Sinaga Siswi SMP N. 2 Balige dengan Bendahara 1 Joyce Remaya Solavide Manik SMP N.4 Balige dan Bendahara 2 oleh Maria Bethania Siahaan siswi SMP N.4 Laguboti.

Kadis PMDP dan PA Kab.Tobasa Hemdri Silalahi sebelumnya menyampaikan bahwa pada peringatan Hari Anak Nasional tingkat Kab.Tobasa tahun ini, pesan yang disampaikan ditujukan kepada seluruh lapisan warga masyarakat bahwa anak-anak melalui keluarga haruslah terjaga dan terlindungi. sebagai pihak yang paling bertanggung jawab terhadap tumbuh kembangnya seorang anak adalah keluarga disamping warga masyarakat ditempat tinggal lingkungan sekitar.

Melalui hari anak nasional 2019 ini sebagaimana yang telah di amanhkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yambise memberikan pesan terkait peringatan Hari Anak Nasional 2019, Selasa (23/7/2019) berpesan kepada seluruh anak Indonesia untuk menjadi generasi yang beradab dan menjunjung tinggi tata krama.

“Bagi seluruh anak-anak Indonesia di mana pun berada, rajinlah beribadah, hormati dan sayangi orangtua kita dan sesama teman,” juga agar anak-anak sebagai penerus bangsa Indonesia harus memiliki kualitas pendidikan dan kesehatan yang baik, juga memiliki rasa cinta Tanah Air. Untuk itu “Tuntutlah ilmu setinggi mungkin, berperilaku sehat, dan cintailah Tanah Air kita, Indonesia,” tegasnya.*