PEKANBARU - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) akan meninjau langsung lokasi bekas kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Riau, pada hari ini, Selasa (17/9/2019). Berdasarkan agenda yang beredar, Jokowi memang diagendakan akan meninjau dua titik lokasi bekas terbakar menggunakan helikopter dan jalur darat, yaitu Kabupaten Pelalawan dan Kampar.

"Presiden akan ke lapangan untuk meninjau secara pasti apa penyebab kebakaran, apa yang sudah dilakukan, apa hambatan di lapangan dan apa langkah-langkah kita untuk menanggulangi itu," kata Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Wiranto di Pekanbaru, Senin (16/9/2019) malam.

Ia juga menjelaskan, bahwa sebaiknya pemerintah daerah harus mengutamakan pencegahan karhutla, mengingat biaya yang harus dikeluarkan pemerintah untuk melakukan penanggulangan jauh lebih besar daripada nengatasi karhutla.

"Lebih baik kita susah payah mencegah. Kalau sudah terbakar, maka cost untuk penanggulangan lebih besar secara pencegahan," tuturnya. ***