NIAS - Prajurit dari satuan elit Detasemen Jalamangkara TNI Angkatan Laut beraksi di atas langit Nias Selatan dengan unjuk kemampuan demonstrasi free fall terjun payung, saat acara puncak Sail Nias 2019 yang digelar di Pelabuhan Baru, Teluk Dalam, Nias, Sumatera Utara, Sabtu (14/9/2019). Selain Denjaka, peterjun dari Kodiklat Paskhas TNI Angkatan Udara juga ikut serta dalam aksi tersebut. Sebanyak 10 peterjun dari dua satuan TNI ini terbang ke langit Nias dengan menggunakan Pesawat TNI AL Cassa U 6208 yang dipiloti oleh Kapten Laut (P) Musmuliadi dan Kopilot Lettu Laut (P) Surya Dinata.

Dari ketinggian 6000 feet para peterjun itu beraksi melayang–layang di udara dan berhasil memukau ribuan masyarakat Nias yang hadir saat mereka berhasil mendarat dengan sempurna di Dermaga Pelabuhan Baru, Teluk Dalam.

Acara Puncak Sail Nias ini dibuka oleh Menko Kemaritiman RI Luhut Binsar Panjaitan serta dihadiri para Menteri Kabinet Kerja lainnya seperti, Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna Laoly yang juga Ketua Panitia Sail Nias, Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti, Menteri Pariwisata RI Arief Yahya, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, serta pejabat terkait lainnya.

Selain berpartisipasi dalam acara puncak, TNI AL juga telah berperan aktif dengan menggelar dua kegiatan penting yaitu Operasi Bakti Surya Bhaskara Jaya (SBJ) dengan KRI Semarang-594, serta Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) yang diikuti perwakilan pemuda dari seluruh provinsi dengan menggunakan KRI Tanjung Kambani–971.***