TOBASA-Hari pertama pagelaran Festival Pesona Danau Toba Jumat, (13/9/2019)menampilkan lomba kuliner masakan khas Suku Batak Toba. Pelaksanaan acara Festival sesuai dengan perencanaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab.Tobasa, festival digelar selama 3 hari (Jumat, Sabtu dan Minggu) 13 s/d 15 September 2019 yang akan dihadiri oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pujiastuti dan Menteri Pariwisata.

Acara lomba masakan kuliner kas Batak pada hari pertama Festival Pesona Danau Toba resmi dibuka oleh Wakil Bupati Ir, Hulman Sitorus yang sebelumnya diawali dengan laporan pelaksanaan kegiatan oleh Plt. Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Sekda Kab.Toba Samosir Drs Audi Murphy Sitorus.

Usai menyampaikan sambutan dan membuka secara resmi pelaksanaan lomba Masakan Kuliner Khas Suku Batak,Wakil Bupati langsung meninjau setiap stand para peserta lomba Masakan Kuliner yang didampingi Sekdakab Tobasa, Kadis Koprindak Marsarasi Simanjuntak, Kadis Catpil Drs. Bonar M,T Butarbutar, Kadis Keuangan Ganyang Situmorang, Assiten 2 Johnpiter Silalahi, Assiten 3 Ir. Parulian Siregar, Kadis Kominfo Drs. Lalo H. Simanjuntak, M,Si,Kadis PMDP dan PA Hendri Silalahi, SE. M.Si Pabung Kodim 0210 TU Mayor H. Hutabarat, Danramil Balige Kapt. Inf. P. Pardede.

Dalam kunjungan ke masing masing stand peserta lomba kuliner Wakil Bupati memberikan suport dan dorongan supaya masing masing peserta menunjukkan kemampuan dan keahlian terbaiknya dalam memasak. Wakil Bupati juga juga menyaksikan para peserta melaksanakan aksi memasak para peserta dalam menyiapkan sajian kuliner unggulan yang akan disajikan untuk lomba.

Pagelaran Fesival Pesona Danau Toba 2019 yang bertemakan "Ulos dalam Bingkai Adat dan Kostum " pagelaran hari pertama dilaksanakan di komplek monumen tugu D.I Panjaitan pusat kota Balige dengan kegiatan awal Lomba Masakan Kuliner khas budaya Batak Toba.

Peserta lomba kuliner masakan khas suku Batak Toba yang di perlombakan pada hari pertama Festival di ikuti oleh 20 peserta dengan waktu lomba 120 Menit (2 jam) yang dimulai pukul 14.00 WIB.

Para pesrta lomba masakan Kuliner Khas Suku Batak Toba menampilkan masakan unggulan dari 16 Kecamatan se Kab.Tobasa mulai dari peserta No.01 Kecamata Habinsaran Kuliner Ayam Napinadar, peserta No.02 Kantin PKK Tobasa kuliner Sksang B.2 (Daging Anak Babi/Lomok-Lomok), peserta No.03 DWP Kab.Tobasa Kuliner Panggang B,2 (Daging Babi).

Untuk peserta No. 04 Kec.Ajibata dengan Kuliner Ikan Natinombur, No. 05 Napitupulu Kuliner Saksang, No.06 Kec.Nassau Kuliner Ikan Natinombur, Peserta No. 07 Kec.Tampahan Kuliner Panggang, No. 08 Kec.Silaen Kuliner Ayam Padar, No, 09 Kec.Parmaksian kuliner Ikan Natinombur, No. 10 Kec. Porsea Kuliner Saksang B.2 (Daging Babi), No. 11 Kec, Uluan Kuliner Tanggo - Tanggo B.2 (Daging Babi), No. 12 Kec. Lumbanjulu kuliner Ikan Natinombur, peserta No. 13 Kec. Siantar Narumonda Kuliner Naniarsik.

Selanjutnya Peserta No, 14 PHRI dengan kuliner Ayam Napinadar, No. 15 Kec, Borbor dengan Kuliner Tanggo-Tanggo, No.16 Kec. Pintu Pohan Meranti Kuliner Tanggo-Tanggo, untuk pesert Nomor 17 Kec. Laguboti dengan Kuliner Arsik, peserta No.18 Kec.Bonatualunasi kuliner Arsik dan peserta Nomor 19 Kecamatan Balige dengan kuliner andalannya Ayam Napinadar dengan peserta nomor 20 Kec.Sigumpar dengan andalan kulinernya Panggang.seluruh Kecamatan se Kab.Toba Samosir yang menjadi peserta Lomba Kuliner juga diikuti oleh masing masing Camat dari setiap Kecamatan se Kab.Tobasa.

Untuk Dewan juri pada Festival masakan Kuliner khas suku Batak Toba di hadirkan dari ibu kota Propinsi yakni para Chef berpengalaman dan ahli dibidang masakan tradisional dan modern. Para dewan juri adalah Chef yang tergabung di ICA (Indonesia Chef Assosation) DPD Prop,SUMUT.

Dewan juri pada lomba Kuliner Festival Pesona Danau Toba 2019 dipimpin oleh Chef Hasan Basri Sinaga sebagai Ketua Dewan Juri, Chef Nardi Banjarnahor Chef dari Swiss Bell Hotel Medan, Chef Jafar Yacub dari Restoran Sucity Medan dan Chef Arjuna Nadeak Chef dari Del.

Dijelaskan Chef Hasan Basri Sinaga selaku ketua dewan Juri Lomba Kuliner Festival Pesona Danau Toba yang diperlombakan jenis masakan tradisional Batak yang menjadi menu andalan pariwisata Tobasa seprti :Ayam Padar, INaniura, Saksang B.2, Naniarsik, Panggang dan Tanggo - Tanggo B.2.

Disampaikan Hasan Basri pada lomba kuliner masakan khas suku Batak dengan penilaian 7 kriteria yang dinilai oleh para Dewan Juri di ajanv Festifal Kuliner Pesona Danau Toba 2019 untuk 20 peserta lomba yang nantinya juara yang diambil mulai dari juara 1 sampai juara harapan 2 yang akan dimumkan pada hari ke 3 hari terakhir pelaksanaan Festival Pesona Danau Toba 2019 pada hari Minggu (15/9/2019).*