NISEL-Pembukaan Nias Expo sebagai salah satu rangkaian event Sail Nias 2019 yang berlangsung di Lapangan Orurusa Telukdalam, Kabupaten Nias Selatan, Rabu, (11/9/2019), diawali dengan Tari Fameafo kepada para tamu terhormat.

Pagelaran budaya tradisional itu ditampilkan oleh Sanggar Tari Fameafo dari SMP Negeri 1 Telukdalam. Selain tarian tradisional dari Nias Selatan juga ditampilkan tarian jumping dari kota Medan.

Staf Ahli Bidang Perdagangan Pasar Kementerian Perdagangan RI, Sutrisno Edi, Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kementerian Desa dan PDT RI, Taufik Madzid, Sekretaris Ditjen PEN, Ganef Judawati, Eselon II Kemenkumham RI, Bupati Nisel Hilarius Duha, Danalanal Nias Letkol Laut (P) Jan Lucky Boy Siburian, Wakil Bupati Nisel, Sozanolo Ndruru, Nyonya Megawati Sozanolo Nduru dan para undangan lainnya.

Bupati dalam sambutannya mengharapkan dengan adanya kegiatan Wonderful Nias Expo ini dapat memajukan dunia pariwisata Kepulauan Nias khususnya Kabupaten Nias Selatan.

Staf Ahli Perdagangan Pasar Kemendag RI dalam sambutannya mengatakan, ada banyak cerita yang menarik yang ia dengar tentang Pulau Nias dan itu ternyata betul.

Ia menuturkan, ketiika melintasi jalan dari Binaka menuju kota Telukdalam, ada banyak potensi yang terkesan baginya yang harus dikembangkan di Kepulauan Nias Khususnya Nias Selatan.

"Jadi, event Sail Nias ini momentum dan menjadi tonggak sejarah bagi Nias Selatan untuk lebih meningkatkan destinisai wisata, perdagangan dan investasi," ujarnya.

Menurut dia, selain potensi wisata alam, Kelapa dan pisang bila diolah menjadi kerajinan tangan nilainya sangat tinggi. "Misalnya Batok kelapa nilainya tinggi sekali karena dapat diolah menjadi bahan untuk obat pencernaan dan lain-lain. pisang juga dapat diolah jadi keripik gizinya sangat bagus sekali. Semua upaya-upaya perbaikan disini akan mendukung sekali,"sebutnya.

Pihaknya akan menyiapkan ahli agar ekonomi Kepulauan Nias bisa lebih bergerak. "Banyak hal yang kita lakukan di sini. SDM harus kita kembangkan. Sesuai visi misi pak Jokowi tentang SDM yang unggul. Pembinaan SDM, Pelatihan dan pendampingan," pungkasnya.

Ia juga mengajak untuk bekerja bersama-sama dan tidak bekerja sendiri-sendiri untuk membuat Kepulauan Nias menjadi maju. "Kami harapkan teman-teman supaya menyaksikan pameran ini, dibina dan diberi pelatihan supaya Kepulauan Nias yang merupakan satu bagian dari Indonesia yang tidak terpisahkan terus bergerak maju," harapnya.

Usai membuka secara resmi Kegiatan tersebut yang ditandai dengan pemukulan gong, Ia bersama unsur Forkopimda Nisel dan para undangan lain turut meninjau setiap Stand.

Untuk diketahui, event Nias Expo tersebut berlangsung mulai Tanggal 11-14 September 2019.*