MEDAN-Bank Indonesia (BI) memperkenalkan tugas dan fungsinya kepada masyarakat luas melalui BI Corner ke-17 yang hadir di Tebing Tinggi, Sumatera Utara (Sumut) tepatnya di Perpustakaan SMA Negeri 1 Tebing Tinggi hari ini, Selasa (10/9/2019).

Dikatakan Kepala Perwakilan BI Sumut, Wiwiek Sisto Widayat. BI Corner ini sebagai program Peduli Sosial Bank Indonesia (PSBI) untuk semakin mengenalkan tugas-tugas dan fungsinya kepada masyarakat luas. “BI Corner sudah dijalankan sejak 2015 yang lalu dan ini merupakan program sosial. BI lanjutnya, berkeingin agar masyarakat di sekitar mengetahui, memahami dan merasakan keberadaan BI,” sebutnya di sela-sela peremian BI Corner ke-17 tersebut.

Lanjutnya, untuk keberadaan BI Corner tersebut sudah dilakukan surveinya terlebih dahulu sejak setahun yang lalu. “Jadi, tidak semua tempat, usulan atau proposal akan disetujui jika tidak memenuhi persyaratan. Kami ingin mendapatkan komitmen dari institusi yang ada BI Corner agar bisa dimanfaatkan dengan baik," jelasnya.

Peresmian BI Corner tersebut juga diberikan komputer dan beberapa jurnal online di perpustakaan tersebut. Jurnal online merupakan referensi yang banyak digunakan pelajar sekarang. Selain itu, juga menyediakan tempat yang baik sehingga pelajar bisa belajar dengan baik.

“Secara umum, jumlah BI Corner mengalami pertambahan di Sumut yang kini sudah ada 17 BI Corner dan 3 pojok baca untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Selanjutnya ada tiga BI Corner lagi yang akan diresmikan pada tahun ini. Kalau untuk se-Indonesia sudah ada sekitar 600 an dari target kita 1.000 BI Corner,” pungkasnya.

Kepala SMA Negeri 1 Tebing Tinggi, Adil Shadli mengungkapkan, Bank Indonesia Sumut telah mewujudkan mimpi sekolah untuk memiliki perpustakaan yang lebih baik. Mimpi ini terwujud karena diresmikan BI Corner. "Mudah-mudahan BI Corner bermanfaat dan menjadi inspirasi dengan BI Corner SMA Negeri 1 Tebing Tinggi hobi membaca," harapnya.*