SERDANG BEDAGAI-Wakil bupati Serdang Bedagai H Darma Wijaya bersama Kapolres Seragam, AKBP H Juliarman Eka Putra Pasaribu S.Sos, SIK, MSi didampingi Kapolsek Dolok Masihul AKP Jhoson M Sitompol beserta Dinas Kesehatan Kabupaten Sergai menyambangi lansia yang hidup sebatang kara dan berikan bantuan sembako.

Kegiatan ini dalam program Gerakan Empati Masyarakat Sakit (GEMAS), di Dusun III Sarang Terap, Desa Dolok Menampang, Kec. Dolok Masihul, Sabtu (7/9/2019) pagi.

Wakil Bupati Sergai, H Darma Wijaya menyampaikan bahwa kegiatan ini kita menyambangi lansia yang kurang mampu dan memberikan bantuan semkabo. "Dengan menempatkan para Lansia dengan hormati dan melayaninya dengan penuh rasa kasih sayang sebagaimana kita perlakukan orang tua kita dan wujud perhatian kepada orang orang sakit yang tidak mampu,"kata H Darma Wijaya.

Menurutnya, bahwa Gerakan Empati Masyarakat Sakit (Gemas) program edukasi guna mewujudkan Lansia sehat, sejahtera dan hidup mandiri maka dapat kita wujudkan di Kabupaten Sergai menjadi kabupaten ramah Lansia.

Kapolres Sergai AKBP H Juliarman Eka Putra Pasaribu kepada Gosumut mengatakan kegiatan ini merupakan sinergitas peran Polres Sergai turut berpartisipasi dalam program Gerakan Empati Masyarakat Sakit (GEMAS) terhadap orang -orang kurang mampu.

"Dan saat ini kami mengunjungi beberapa lansia yang hidup sebatang kara dan serba kekurangan, hal ini dalam program Gemas antara Dinas Kesehatan dan Polres Sergai,"ucap Kapolres Sergai AKBP H Juliarman.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan dr. Bulan Simanungkalit M. Kes kepada Gosumut menyampaikan bahwa GEMAS gerakan empati masyarakat sakit merupakan terobosan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Serdang Bedagai untuk mengapresiasi amanah bapak Bupati dan wakil bupati untuk tanggap atas keluhan masyarakat.

"Gemas tidak hanya tugas pemerintah dalam hal ini, dinas kesehatan berbagai ini juga harus ikut termasuk Porkopimda, LSM dan Wartawan dan paling utama masyarakat,"kata dr Bulan.

Ia menambahkan, Pembangunan Instalasi Farmasi di Kabupaten Serdang Bedagai juga untuk mendukung GEMAS, memastikan tatakelola Obat yang lebih baik,"imbuh Kadiskes Sergai, Dr Bulan.*