NISEL-Perdana beroperasi sebagai kapal penyeberangan rute Telukdalam-Sibolga, Bupati Nias Selatan Hilarius Duha bersama Unsur Forkopimda menyambut kedatangan Kapal Muat Penumpang dan Barang (KMP) Wira Ono Niha di Pelabuhan Baru Telukdalam, Kamis (5/9/2019).

Bupati kepada wartawan, mengatakan, beroperasinya kapal tersebut merupakan sebuah upaya dan perhatian Pemerintah Pusat terhadap masyarakat Nias Selatan yang membutuhkan penyeberangan laut dari Sibolga Ke Telukdalam pulang- pergi.

"Kita mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Pusat dan Industri Kapal, serta pengusaha yang melihat peluang di Kabupaten Nias Selatan dengan mengoperasikan Kapal Wira Ono Niha ini," katanya.

Menurut dia, dengan hadirnya Kapal tersebut, dapat mendongkrak perekonomian masyarakat. "Dampak pasti Ada, terutama dalam hal transportasi pengangkutan barang dari Sibolga langsung Ke Telukdalam, pasti lebih mudah dan murah," tuturnya.

Sementara, General Manager PT Wira Jaya Logitama (WJL) Sibolga-Kepulauan Nias, Heriyon Marbun, mengatakan kapal tersebut akan melayani rute Sibolga-Telukdalam 2 kali seminggu pulang-pergi.

"Dengan adanya kegiatan Sail Nias ini, rutenya bisa on-Time, tergantung pemuatan barang dari Sibolga," pungkasnya.

Ia menjelaskan, bahwa kapal itu juga sengaja disiapkan untuk mendukung kegiatan Sail Nias 2019. "Dan kita termasuk di dalam unsur kepanitiaan," imbuhnya.

Turut hadir saat itu diantaranya, Ketua DPRD Nisel Sidi Adil Harita, Danlanal Nias Letkol Laut (P) Jan Lucky Boy Siburian, Kapolres Nisel AKBP I Gede Nakti Widhiarta, Wakil Bupati Nias Selatan, Sozanolo Ndruru, Komisaris PT. WJL Surya Winoto, Kepala Cabang WJL Nisel, Ricardo Hoswary, Kepala Shahbandar Telukdalam, Kadis Perhubungan Nisel, Faatulo Gulo, Kadis Kesehatan Nisel, Megawati You.

Untuk diketahui, kapal tersebut adalah milik PT Wira Jaya Logitama Lines (WJL) berjenis rool on-rool off (RoRo) dan memiliki kapasitas 485 seat serta mampu mengangkut 35 unit kendaraan dari berbagai jenis.

Jadwal rute kapal tersebut dari Sibolga-Telukdalam yakni hari Senin dan hari Jumat. Sedangkan rute dari Telukdalam-Sibolga yaitu hari Selasa dan hari Sabtu.*