SERDANG BEDAGAI-Seluruh Perkebunan se -Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara gelar Sosialisasi dan Launching Sistem Pelayanan Administrasi Perkebunan Secara Elektronik (SIPAP-e).

Kegiatan SIPAP-e di laksanakan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Sergai ruangan terbuka, tepatnya di Aulah lapangan tenis PT Socfindo Matapao Desa Matapao, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Sergai, Jumat (6/9/2019).

Dalam acara ini turut hadir Wakil Bupati Sergai H Darma Wijaya didampingi Kepala Dinas Pertanian Radianto Panjis, Kabid Perkebunan Dedy Iskandar, Maneger PT Socfinfo Matapao, Boby Hercules SP, Maneger PT Socfinfo Bangun Bandar Imade Yogiarto, Teknik I H Achenk Sibli, Camat Teluk Mengkudu Romian Parulian Siagian, Pihak Kepolisian dan seluruh Perkebunan se-kabupaten Sergai.

Kepala Dinas Pertanian Radianto Panjis didampingi Kabid Perkebunan Dedy Iskandar menyampaikan bahwa sistem pelayanan administrasi Perkebunan Secara elektronik (SiPAP-e) dirancang untuk mempermudah, menghemat waktu , cepat dan mudah serta untuk menghemat waktu serta Transparan.

"Sehingga lebih efektif dan efesien dibadingkan dengan system manual yang perosesnya memerlukan waktu relative lama sehingga terkesan lambat bagi stake Holder yang membutuhkan," kata Kadis Pertanian Radianto.

Wakil Bupati Serdang Bedagai H. Darma Wijaya menyampaikan Sub Sektor Perkebunan Mempunyai porsi yang cukup besar di Kabupaten Serdang Bedagai dengan luas wilayah 1900,22 KM persegi atau 190.002 hektar. "Kurang lebih dari 100 ribu hektarnya merupakan lahan perkebunan yang terdiri dari lahan perkebunan perusahaan negara, swasta nasinal, swasta asing dan kebun rakyat,"kata H Darma Wijaya.

Ia menjelaskan, melihat kondisi Sub sector Perkebunan baik secara luas Areal dan juga kontribusi terhadap perekonomian daerah, sudah sepatutnya perhatian dan pengelolaan juga mendapat porsi yang signifikan. Karena kewenangan daerah terhadap pengelolaan Sub sector perkebunan di Kabupaten Serdang bedagai dilaksanakan oleh organisasi perangkat daerah dinas Pertanaian Serdang Bedagai.

Dengan kondisi demikian maka perlu dibuatnya Sistem Pelayanan administrasi Perkebunan secara elektronik (SiPAP-e) pada dinas Pertanian yang merupakan seitem aplikasi terpadu yang mengintegrasikan beberapa system pelayanan administrasi.

"Semoga dengan inovasi yang telah di desain ini dapat berjalan dengan baik dan dapat bermanfaat bagi kita Semua,"ungkap H Darma Wijaya.

Kesempatan ini, Manajer PT. Socfindo Matapao, Boby Hercules SP didampingi Menajer PT Socfindo Bangun Bandar, IMade Yogiarta mengucapkan terima kasih atas kehadiran Wakil Bupati Sergai H Darma Wijaya didampingi Kepala Dinas Pertanian dan jajaranya maupun seluruh perkebunan se -kabupaten Sergai.

"Mudah mudahan atas kehadiran ini bisa terus meningkatkan jalin silaturahmi antar pihak perkebunan dengan pemerintah Kabupaten Sergai," ujar Maneger PT Socfindo Matapao Bobby.*