NISEL-Dalam rangka pelaksanaan Sail Nias 2019, Tim Gabungan terdiri dari Kementerian Kesehatan RI bersama Dinas Kesehatan Nias Selatan, unsur TNI serta pihak terkait lainnya menggelar simulasi penanggulangan krisis kesehatan di Pelabuhan Lama, Jalan Yos Sudarso, Telukdalam, Kamis (5/9/2019).

Turut hadir saat itu, Bupati Nisel Hilarius Duha, Ketua DPRD Nisel, Sidi Adil Harita, Kapolres Nisel AKBP I Gede Nakti Widhiarta, Danlanal Nias Letkol Laut (P) Jan Lucky Boy Siburian, Wakil Bupati Nisel, Sozanolo Ndruru, mewakili, Danramil Teluk dalam Serma Haryadi, Kepala Bidang Krisis Kesehatan Kemenkes RI, Agus Hendroyono, Kadis Kesehatan Nisel Megawati You, Kalaksa BPBD Nisel Ampuni Dakhi dan sejumlah Kepala UPTD Puskesmas Se-Kabupaten Nias Selatan.

Bupati pada amanatnya berharap agar pelaksanaan simulasi ini nantinya benar - benar dilaksanakan semua dan diikuti dengan sungguh-sungguh sehingga menjadi acuan saat melaksanakan tugas ke depan.

"Diharapkan juga untuk tidak terlalu banyak melewatkan setiap kegiatan simulasi. Dan simulasi ini supaya dibuat seolah - olah sedang menghadapi suatu kenyataan sehingga kita bisa antisipasi apa yang harus dilakukan, siapa yang harus melakukannya dan kepada siapa berkoordinasi", tuturnya.

Sementara, pantauan wartawan, Simulasi yang digelar itu diantaranya simulasi peristiwa kecelakaan, kejang -kejang, dan berbagai simulasi peristiwa lainnya.

Pada kegiatan tersebut, turut dilibatkan sejumlah sarana pendukung seperti, Ambulance, 1 unit Speedbod dan peralatan kesehatan lainnya.*