ASAHAN- Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Pilkada serentak September 2020 mendatang, ada 47 desa di Asahan yang siap menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang dijadwal tanggal 18 Desember 2019 nanti.

Adapun sebanyak 47 Desa di 21 Kecamatan se Kabupaten Asahan akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa yang tahapannya sudah dimulai saat ini. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Pemkab Asahan, Syamsuddin, selaku penyelenggara pihaknya tengah menyelesaikan berkas administasi dan pemutakhiran validasi pemilih.

“Saat ini kita telah memasuki tahan penelitian berkas administrasi Bakal Calon Kepala Desa yang telah dimulai sejak 20 Juli 2019 lalu. Tahapannya akan selesai setelah Calon Kepala Desa terpilih dilantik pada bulan Februari 2020,” ujar Syamsudin disela rapat kordinasi Pilkades di aula dinas setempat, Rabu (4/9/2019).

Kemudian ia juga menambahkan, ada juga seleksi tambahan yang akan dilakukan, apabila bakal calon Kepala Desa berjumlah lebih dari 5 orang, adapun kriteria dan bobot seleksi tambahan itu, diantaranya 30 persen dari pengalaman kerja, meliputi pernah menjabat sebagai Kepala Desa /PNS/TNI/POLRI/DPRD skornya 10, pernah menjabat sebagai pengurus BPD atau perangkat Desa skornya 08 dan tidak pernah menjabat skornya 0.

Kemudian 50 persen dari pendidikan, lulusan S2 atau S3 skornya 10, lulusan S1 atau Diploma IV skornya 09, Lulusan Diploma III skornya 08, Lulusan Diploma I atau Diploma II skornya 07, Lulusan SLTA atau sederajat/Paket C skornya 06 dan Lulusan SLTP atau sederajat/paket B skornya 05. Selanjutnya 20 persen bobot, usia 41 tahun-50 tahun skornya 10, usia 25 tahun'40 tahun skornya 09 dan usia 51 tahun keatas skornya 08.

Pada kesempatan itu, Sekretaris daerah Asahan Taufik ZA Siregar yang memimpin rapat tersebut menyampaikan kepada seluruh pihak yang terkait untuk dapat melaksanakan seluruh tahapan Pilkades serentak Kabupaten Asahan tahun 2019 dengan aman dan tertib.

Taufik juga meminta kepada para Camat supaya dapat menjaga pelaksanaan Pilkades agar tetap kondusif. Khusus kepada DPMD, Taufik juga meminta agar menjalankan tahapan Pilkades dengan baik dan benar. *