MEDAN-Hingga kelompok terbang (kloter) 11 sebanyak 17 jemaah haji Embarkasi Medan wafat di Tanah Suci. Sedangkan seluruh jemaah hingga kloter 11 yang tiba di Sumatera Utara (Sumut) sudah 4.290 orang. Dimana sebanyak 393 jemaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 11 asal Simalungun, Pematangsiantar, Medan, Binjai dan Deli Serdang tiba di Tanah Air, Selasa (3/9) pukul 00.24 WIB.

Namun, satu jemaah atas nama Muhammad Mudakir (96) asal Simalungun, wafat setelah tiba di Bandara Kualanamu Internasional drop dan meninggal dunia sekira pukul 01.10 WIB.

Kabid Dokumen Haji Pantai Penyelenggara Ibadah Haji embarkasi Medan, Eri Nofa, mengatakan pada kloter 11 ini, jemaah yang kembali sama jumlahnya ketika bertolak ke Tanah Suci pada 22 Juli lalu.

“Semua jemaah haji kloter 11 semuanya kembali ke Tanah Air. Namun setiba di Bandara Kualanamu Internasional, satu jemaah asal Kecamatan Dolok Batu Nanggar, Simalungun wafat setelah di Rumah Sakit Haji Medan setelah dilarikan untuk mendapatkan perawatan karena kesehatan menurun,” katanya Rabu (4/9/2019).

Jenazah almarhum sebutnya dengan manifest 131 ini dibawa ke rumah Duka di serbelawan oleh pihak Tim Kesehatan Kabupaten Simalungun dan keluarga, dan dimakamkan.

Sedangkan jemaah haji yang masih berada ditanah air sebanyak 4219 orang. Untuk jemaah kloter 12 asal Binjai, Deliserdang, Medan, Labuhanbatu, Asahan, Langkat dan Padang Sidimpuan akan tiba hari ini, (4/9) di Bandara Kualanamu Internasional diperkirakan sekitar pukul 18.40 WIB.*