NISEL-Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI-Perjuangan Kabupaten Nias Selatan (Nisel) membuka penjaringan bakal calon (Balon) Bupati/Wakil Bupati pada Pilkada serentak 2020.

"Pendaftaran Balon sudah dibuka sejak 30 Agustus dan akan berakhir pada 13 September 2019," kata Ketua Tim penjaringan Ferisman Nduru, SE juga Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPC PDI Perjuangan Kabupaten Nias Selatan didampingi sejumlah sejumlah Tim penjaringan lain diantaranya, Wakil Sekretaris Bidang Internal Novensius Duha, SH, Wakil Sekretaris Bidang Eksternal Dermawati Halawa, Wakil Ketua Bidang Kehormatan, John S. Sarumaha, Wakil Ketua Bidang Pariwisata dan Ekomi Kreatif, Otanius Laia, SE, MM, dalam keterangan Pers, di Kantor DPC, Jalan Baloho Indah, Telukdalam, Senin, (2/9/2019).

Anggota DPRD Nisel terpilih dari Partai PDIP Periode 2019-2024 itu menjelaskan, pendaftaran terbuka untuk umum dan penjaringan juga bertujuan untuk mendapatkan Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang kompetitif dan berkualitas.

Beberapa syarat, sebutnya, telah ditentukan oleh DPC PDIP Kabupaten Nias Selatan yakni : 1. WNI yang memenuhi syarat yang ditetapkan berdasarkan undang-undang berlaku. 2. Bersedia mengikuti seluruh tahapan penjaringan dan penyaringan yang ditentukan dalam peraturan partai 3. Mengatakan komitmen secara tertulis kepada DPC PDIP untuk: a. Memperhatikan peran dan aspirasi partai b. Bersedia membantu pengembangan dan pemberdayaan potensi partai c. Bersedia bekerja sama dengan jajaran struktural partai 4. Memiliki visi misi yang sejalan dengan Ideologi dan garis perjuangan partai 5. Tidak pernah terlibat masalah narkoba secara langsung maupun tidak langsung 6. Memiliki wawasan nasional 7. Memiliki jiwa kepemimpinan yang jujur, adil dan bebas KKN.

"Selain itu, secara internal, DPC PDI Perjuangan juga menambahkan syarat bagi Bacalon yang mendaftar yaitu tidak terlibat organisasi yang berpaham radikalisme dan fundamentalisme seperti HTI atau khilafah," tandasnya.

Disinggung mengenai Ketua DPC PDIP Nisel, Hilarius Duha juga sebagai petahana jika ikut pada kompetisi penjaringan balon tersebut, ia menjawab bahwa pada prinsipnya, penjaringan terbuka bagi siapapun.

"Penjaringan ini terbuka untuk umum, termasuk bagi kader partai. Dalam penjaringan ini juga tidak dipungut biaya apapun kepada masing-masing Bacalon dan formulir pendaftaran juga sudah kita siapkan," tukasnya.*