PALAS -Dari 17 putra -putri Kabupaten Padang Lawas(Palas) yang mengikuti seleksi pendaftaran akhirnya 3 lulus menjadi calon Taruna Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Kementerian Perhubungan pola pembibitan tahun akademik 2019-2020.

Demikian di sampaikan Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pehubungan Palas, Ali Irfan Hasibuan, S.Pd, MM,Selasa (3/9/2019),usai menyampaikan laporan kepada Wakil Bupati drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu.

Ali Irfan menjelaskan, ke 3 putra -putri Palas yang lulus di Program Studi Diploma III LLAJ atas nama Fadilah Khairani Pohan asal sekolah SMA N 1 Barumun, Dian Pranata Putra asal sekolah SMA Plus Sipirok dan Anisal Ichsan Siregar asal sekolah SMAN 2 Padangsidimpuan.

“Sesuai informasi yang kita kutip di website Kemenhub , 3 orang yang dinyatakan lulus jadi calon Taruna Transportasi Kemenhub tahun ini," kata Ali Irfan.

Tahun sebelumya 4 orang putra Palas yang lulus calon Taruna ,kata Ali Irfan , sedang tahun ini sebanyak 3 orang sehingga berjumlah 7 orang dari Palas yang telah berhasil masuk sekolah tinggi berbasis Ikatan Dinas.

”Keberhasilan putra -putri dapat menjadi motivasi bagi siswa SMA dan SMK yang masih duduk di bangku kelas agar mengikuti jejak keberhasilan mereka ,"ujar Ali Irfan didampingi Sekretaris Ahmad Dayan Hasibuan serta orang tua para calon Taruna.

Kata Ali Irfan, dari MoU ( memorandum of understanding) yang telah di sepakati Pemkab Palas bersama pihak STTD Kemenhub.Putra -putri Palas masih ada kesempatan sebanyak 3 tahun lagi dapat mengikuti seleksi calon Taruna ,apabila diadakan setiap tahunnya.

“MoU antara Pemkab Palas dengan STTD Kemenhub selama lima tahun, terkait seleksi calon taruna,"terang Ali Irfan. "Bagi siswa SMA yang ingin masuk menjadi calon Taruna ,belajarlah dengan tekun dan bergiat agar bisa mengikuti jejak mereka yang telah lulus menjadi Taruna STTD Kemenhub,"kata dia.

Kepada orang tua calon taruna yang sudah lulus ,Ali Irfan bepesan, agar menanamkan kepribadian kepada anak anak mereka untuk tidak bersifat sombong .Tetapi teruslah giat belajar di sekolah ikatan dinas agar meraih keberhasilan.

Sebelumnya Wakil Bupati Palas drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu berharap kepada ketiga putra terbaik yang telah lulus calon Taruna SSTD dapat menjaga disipil, buktikan bahwa putra Palas mampu bersaing ditingkat Naional.

”Program ikatan dinas ini terselenggara hasil MoU dengan STTD 2017,dan satu – satunya dinas yang berhasil mengikat kerjasama terhadap sekolah tinggi berbasis ikatan dinas," ungkap Zarnawi.

"Program kuliah ikatan dinas ini biayanya kuliahnya ditampung pada APBD Palas. Hal ini sebagai implemetasi dari visi – misi Pemkab Palas.mewujudkan Kabupaten Palas beriman,cerdas ,sehat sejahtera dan berbudaya (Bercahaya ),"ungkap Wakil Bupati.*