SEKUNDANG - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Bengkulu Selatan dan sekitarnya, tak menyurutkan semangat para peserta Gowes Nusantara 2019 Etape Bengkulu Selatan yang digelar Minggu (1/9/2010).

Sekitar 2.000 lebih peserta tetap antusias memenuhi Lapangan Sekundang Setungguan, Bengkulu Selatan, tempat start dan finish sejak pukul 05.30 WIB pagi meski sebelum perhelatan berlangsung diguyur hujan.

Sebelum gowes yang menempuh jarak 10 Kilometer itu dimulai, para peserta yang juga terdiri dari Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi, SE, beserta Ibu dan para pejabat dilingkungan Kabupaten Bengkulu Selatan didampingi Staf Khusus Kemenpora, Dr. Jonni Mardizal, MM, melakukan senam pagi bersama di Pendopo Lapangan Sekundang Setungguan.

Gusnan Mulyadi yang didampingi Dr. Jonni Mardizal, MM, melepas para peserta tepat pada pukul 07.00 WIB pagi, untuk menempuh rute Gowes Nusantara menuju Jalan Affan Bachsin, Jalan Datuk Natsir, Jalan Fatmawati, Jalan Letnan Jahidin, kemudian menuju obyek wisata Pantai Pasar Bawah.

Setelah itu, menuju Jalan Pangeran Suatu, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Simpang Tiga Raswei, Jalan Kolonel Berlian, Jalan Raja Khalifah dan kembali ke Jalan Affan Bachsin dan finish di Lapangan Sekundang Setungguan.

Menurut Gusnan Mulyadi, event sepeda ini merupakan yang terbesar di Provinsi Bengkulu. "Kami akan menjadikan event ini menjadi kalender tetap setiap tahunnya dan terbesar di Provinsi Bengkulu, " kata Gusnan Mulyadi.

Ia juga mengatakan, sebenarnya jika hujan tidak mengguyur Kabupaten Bengkulu Selatan dan sekitarnya, jumlah peserta akan lebih banyak lagi. Itu tercermin dari jumlah 5000 kupon yang disediakan oleh panitia habis terdistribusikan.

"Kami berharap agar Kemenpora dan Kabupaten Bengkulu Selatan tetap menjalin kerjasama menggelar kegiatan ini demi kampanye mengolahragakan masyarakat, " ungkapnya lagi.

Sementara itu, Jonni Mardizal mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan yang untuk kedua kalinya sukses menggelar pelaksanaan Gowes Nusantara yang digagas oleh Kemenpora sejak 2017 silam.

"Meski kami hanya menargetkan jumlah 1000 peserta, namun jumlah peserta lebih dari yang kami targetkan. Sebenarnya, pihak Kemenpora hanya menjadi trigger saja dalam kegiatan ini. Saya senang sekali jika Pak Bupati menjadikan kegiatan ini menjadi kalender tetap tahunan," paparnya.

Ia juga mengatakan kepedulian Kabupaten Bengkulu Selatan terhadap kegiatan olahraga cukup besar. Untuk itu, Kabupaten ini akan membangun Gelanggang Olahraga (GOR) tipe B sebagai apresiasi dari Pemerintah dalam hal ini Kemenpora.

Sementara itu, Plt Kadispora Bengkulu Selatan, Santono, MPd, mengatakan jika tidak ada hujan para peserta dari beberapa kecamatan di wilayah Kabupaten Bengkulu Selatan akan ikut ambil bagian dalam lomba ini. Namun, hujan mengurungkan niat mereka untuk ikut lomba.

"Mudah-mudahan di penyelenggaraan berikutnya jumlahnya akan lebih bertambah banyak tak hanya dari Bengkulu Selatan dan sekitarnya. Tapi juga dari seluruh wilayah di Provinsi Bengkulu, " ucapnya.

Pelaksanaan Gowes Nusantara 2019 Bengkulu Selatan juga menyediakan ratusan doorprize dengan hadiah utama sebuah sepeda motor, dan puluhan sepeda. ***