SERDANG BEDAGAI-Lokasi pembuangan limbah yang berada di pinggir sungai di lokasi Dusun VII, Desa Naga Kisar, Kecamatan Pantai Cermin, Sergai mendadak bersih. Sampah yang sebelumnya berserakan diduga milik yang diduga milik perusahaan ikan segar berinisial PT. AFN.

Pantuan Gosumut dilokasi, Sabtu(31/8/2019) sekira pukul 11:30 WIB, pihak perusahaan melakukan pembersihan dengan menggunakan alat berat excavator (Beco) untuk melakukan pembuangan sisa limbah ikan segar di lokasi yang tak jauh dari bibir pantai itu.

Bahkan alat berat tersebut terlihat terus melakukan pembersihan di lokasi limbah yang diduga airnya dibuang ke laut. Hal ini pasca pemberitaan beberapa awak media edisi Jumat(30/8/2019). Dimana Dinas lingkungan hidup Sergai, Panisean Tambunan saat dikonfirmasi awak media bahwa hari senin tanggal 2 September 2019, telah perintahkan anggota tim lingkungan hidup akan turun ke lokasi.

Namun sebelum tim lingkungan hidup turun dilokasi, terlihat pihak perusahaan PT. AFN langsung mengambil langkah untuk membersihkan lokasi pembuangan limbah yang diduga buang ke laut.

"Lihat lah lokasi tersebut akibat para media memberitakan lokasi limbah ikan maupun plastik yang diduga buang ke laut, perusahaan PT. AFN langsung dibersihkan lokasi pembuagan limbahnya,"kata regar kepada Gosumut dilokasi.

"Setiap hari kami para nelayan setiap hari cari ikan dilaut melintas disini selalu merasakan aroma tak sedap dari lokasi berasal dari limbah tersebut, ditambah lagi ini langsung dilakukan pembersihan baunya luar biasa hingga menyengat di hidung,"cetusnya.

Namun, lanjut Regar bukan berarti limbah tersebut dibersihkan limbah ini hilang, tapi dampaknya pasti ada. Jika hal ini dibiarkan maka bisa menjadi dampak polusi udara yang menganggu kepada masyarakat. Bahkan saat air pasang kemudian menyusul air surut air ini jika mengenai badan terasa gatal",Tegas regar.

Menyikapi hal ini Aliansi NGO PMBDS Sergai, Aswad Sirait yang juga terus memantau lokasi limbah milik perusahaan ikan segar milik PT. AFN dilokasi tersenyum melihat lokasi pembuangan limbah milik perusahaan PT. AFN dibersihkan.

"Belum turun tim LH sergai kelokasi limbah, lokasi limbah sudah di sulap jadi bersih. Hal ini sudah nampak di depan mata jika perusahaan diduga sengaja buang limbah ke laut.," kata Aswad Sirait.

"Bukan berarti masalah ini selesai tapi ini terus kita pantau, sejauh mana hasil tim lingkungan hidup Sergai dengan hasil temuan di lokasi,"ungkap Aswad Siraid.**