SIMALUNGUN-Warga Huta(dusun) Repa Keluharan Sipolha, Kecamatan Sidamanik saat ini sangat mendambakan adanya lampu penerangan listrik dikampung mereka. Hal tersebut disampaikan warga kepada reporter media ini, Jumat (30/8/2019).

J Bakkara(82) serta R Manik, D Purba dan G Bakkara mewakili warga setempat mengatakan sudah sejak lama mereka mengharapkan adanya lampu penerangan listrik dikampung mereka, namun hingga saat ini belum juga terwujud. Dengan tidak adanya lampu penerangan listrik dikampung kami, mengakibatkan warga lainnya memilih pindah dan meninggalkan perkampungan serta lahan pertanian(perlandangan) selama puluhan tahun, "ungkap mereka.

"Potensi lahan pertanian warga kami sebenarnya mampu menopang perekonomian jika dikelola, namun karena tidak adanya lampu penerangan listrik, warga memilih pindah kedaerah lain sehingga lahan-lahan pertanian tersebut ditelantarkan. Bahkan jika dikelola menjadi tempat wisata juga sangat menjanjikan karena masih diwilayah Danau Toba, "tutur mereka.

"Untuk itu kami berharap kepada Pemerintah Kabupaten Simalungun agar memperhatikan dan mendengarkan harapan kami akan adanya lampu penerangan listrik didusun kami ini. Sudah 74 tahun Negara ini merdeka, namun kami belum pernah merasakan adanya lampu penerangan listrik. Kami sangat berharap agar kampung kami ini segera mendapatkan lampu penerangan listrik," pinta warga tersebut.

Terpisah, Kepala Lingkungan Kelurahan Sipolha Japun Manik ketika dikonfirmasi via selulernya sekira jam 11.00 WIB membenarkan jika di Huta Repa belum dialiri lampu penerangan listrik. "Memang benar lampu penerangan negara belum masuk pada sebahagian daerah pada perkampungan itu, tahun lalu sudah ada pemasangan kepada warga, tetapi belum seluruhnya masih tahap perkampungan bawah hanya pada sekitar pantai saja. Kita sudah ajukan kepada pihak PLN, harapan kita tahun ini dapat terwujud dan lampu penerangan listrik dapat dinikmati warga, "katanya.

Sementara itu pihak PLN wilayah terkait, hingga berita ini dikirimkan kemeja redaksi belum berhasil dikonfirmasi.*