ASAHAN-Masjid Agung H. Achmad Bakrie Kisaran telah rampung pembangunan sarana dan prasarananya. Masyarakat Asahan diselimuti rasa syukur dan haru atas selesainya pembangunan masjid yang merupakan icon Kota Kisaran tersebut.

Terlebih, Keluarga Besar Almarhum H. Achmad Bakrie berkesempatan secara langsung meresmikan Mesjid Agung yang berdampingan dengan Alun-Alun dan Hutan Kota Kisaran tersebut di Mesjid Agung H. Achmad Bakrie Kisaran, Jumat (30/8/2019).

Kegiatan itu dihadiri langsung oleh Keluarga Besar Almarhum Achmad Bakrie (Aburizal Bakrie istri Tatik Bakrie, Nirwan Dermawan Bakrie istri Ike Bakrie, Kusmuljono beserta istri Roosmania Odi Kusmuljono, Indra Usmansjah Bakrie beserta istri Gaby Bakrie), Plt. Bupati Asahan, Bupati Labura, Walikota Tanjung Balai, Kajari Asahan, Ketua DPRD Kabupaten Asahan, Kasdim 0208 Asahan, Wakapolres Asahan, Syamsul Arifin (Mantan Gubsu), Mayor Jendral TNI (Purn) Hari Mulyono, Ketua Partai Golkar Sumatera Utara, Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Kakankemenag Kabupaten Asahan, OPD di Lingkungan Pemkab Asahan, Camat se Kabupaten Asahan, Keluarga Besar Almarhum Bupati Asahan Drs. H. Taufan Gama Simatupang, MAP (Armen Simatupang, Umi Winda Fitrika Taufan Gama Simatupang), Plt. Ketua TP. PKK Kabupaten Asahan, Ketua MUI Kabupaten Asahan, Ketua Imtaq Kabupaten Asahan dan tamu undangan lainnya.

Ketua BKM Mesjid Agung H. Achmad Bakrie Kisaran Jaya Prana dalam laporannya menyampaikan bahwa anggaran yang diamanatkan kepada pengurus BKM telah digunakan dengan sebaik-baiknya dalam melaksanakan pembangunan sarana dan prasarana Masjid Agung H. Achmad Bakrie Kisaran.

"Berbagai sarana dan prasarana yang telah selesai dibangun antara lain Pemasangan paving block diseluruh areal parkir, Pembangunan miniatur kab'ah, Pembuatan kaligrafi dan ornament mesjid, Pengadaan alat pembersih lantai, ambal dan karpet, pengadaan crane/tangga, pembuatan papan nama masjid serta pembangunan 10 rumah bagi imam,nazir dan pengasuh Lembaga Tahfiz," jelasnya.

Di tempat yang sama, Plt. Bupati Asahan H. Surya, B.Sc mengawali sambutannya menyampaikan terima kasih kepada keluarga besar H. Achmad Bakrie Kisaran atas kontribusi yang cukup besar dalam mensukseskan pembangunaan Masjid Agung H. Achmad Bakrie Kisaran.

Selanjutnya beliau juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh umat Islam yang telah mendukung pembangunan Masjid ini, khususnya kepada Keluarga Besar Alm. H. Taufan Gama Simatupang, MAP yang merupakan penggagas dan perencana pembangunan Masjid Agung tersebut.

Beliau juga berpesan kepada masyarakat Asahan agar memelihara dan mempertahankan kesucian dan kehormatan masjid sebagai lambang kesatuan umat.

"Saya berharap agar Pemerintah dan masyarakat dapat bersama-sama mengoptimalkan fungsi Masjid sebagai pusat dakwah dan syiar agama Islam yang memberi kedamaian dan ketentraman bagi semua masyarakat," ujarnya.

Disela-sela pidatonya, Plt. Bupati Asahan meneteskan air mata mengenang perjuangan Almarhum Bupati Asahan Drs H Taufan Gama Simatupang MAP dalam membangun Mesjid Agung H Achmad Bakrie Kisaran.

"Dalam pembanguan Mesjid Agung H Achmad Bakrie Kisaran, Almarhum Bupati Asahan Drs H Taufan Gama Simatupang MAP mendapatkan pro dan kontra dari masyarakat Kabupaten Asahan, tetapi beliau tetap terus maju dalam membangun Mesjid Agung H Achmad Bakrie Kisaran yang saat ini menjadi ikon religi Kabupaten Asahan," tandasnya.

Kemudian, Ir. H. Aburizal Bakrie mewakili Keluarga Besar H. Achmad Bakrie dalam sambutannya berharap agar Pemkab Asahan dapat menjaga dan memelihara Mesjid Agung H. Achmad Bakrie Kisaran yang telah melalui berbagai hambatan dan rintangan dalam pembangunannya.

Mantan Menkokesra era Presiden SBY itu mengajak seluruh masyarakat untuk menghargai hasil kerja keras dari Almarhum H. Taufan Gama Simatupang, Pemerintah Kabupaten Asahan serta seluruh pihak yang memberikan sumbangsih atas pembangunan Masjid dengan menjadikan Masjid sebagai tempat beribadah yang bersih, indah dan nyaman.

Ketua Dewan Pembina Pusat Partai Golkar itu juga berpesan kepada seluruh umat Islam di Kabupaten Asahan agar menjadikan Masjid sebagai sarana pembentuk umat yang Rahmatan Lil ‘Alamin dan wadah dalam menjadikan umat yang lebih positif dan jauh dari berbagai citra negatif yang saat ini sering disematkan kepada umat Islam.

"Selamat kepada Pemkab Asahan yang telah berhasil membangun Mesjid Agung H Achmad Bakrie Kisaran sampai seperti saat ini dan kami Keluarga Besar H. Achmad Bakrie menyerahkan Mesjid Agung H Achmad Bakrie Kisaran kepada Pemerintah Kabupaten Asahan dan BKM Mesjid Agung H Achmad Bakrie Kisaran untuk dapat di jaga dan dipelihara," tutupnya.

Pada kegiatan tersebut, Plt. Bupati Asahan dan Aburizal Bakrie menandatangi batu prasasti Mesjid Agung H Achmad Bakrie Kisaran, membuka tirai papan nama Mesjid Agung H Achmad Bakrie Kisaran dan memotong pita menandakan Mesjid Agung H Achmad Bakrie Kisaran telah resmi dibuka.

Dikesempatan ini juga, Plt. Bupati Asahan dan Keluarga Besar Almarhum H Achmad Bakrie melihat-lihat pembangunan yang telah realisasikan oleh Pemerintah Kabupaten Asahan di sekitar Mesjid Agung H Achmad Bakrie Kisaran.*