TAPUT-Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan bersama Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian Justan Ridwan Siahaan dan Anthony Budiawan melakukan Tanam Perdana Bawang Putih milik PT. Niaga Global Modern Indonesia di Desa Hutaginjang Muara, Rabu (28/8/2019).

Nikson menyampaikan terima kasih atas perhatian Pemerintah Pusat dan juga kepada Anthony Budiawan selaku investor dalam upaya budidaya bawang putih di Tapanuli Utara.

Sekaitan dengan itu, Bupati berharap agar masyarakat yang memiliki lahan pertanian bersedia membudidayakan bawang putih dengan sistem bagi hasil ataupun melalui bapak angkat karena ini sebagai potensi yang sangat baik demi kesejahteran dan peningkatan pendapatan petani.

Bupati memperkenalkan bawang merah hasil produksi lokal serta menjelaskan bahwa dari masa lalu daerah Muara sudah dikenal sebagai penghasil bawang merah. Kepada petugas Penyuluh Pertanian dan masyarakat petani, Bupati mengharapkan, mereka harus aktif mengolah lahan tidur agar bisa lahan produktif untuk pengembangan budidaya bawang putih.

Irjen Kementan Justan Ridwan Siahaan dalam sambutannya menjelaskan tentang peluang budidaya bawang putih, seraya memberikan motivasi kepada para petani tentang budidaya bawang putih.

Dia mendorong terciptanya swasembada bawang putih di seluruh Kawasan Tapanuli, apabila semua saling mendukung, tentu, budidaya bawang putih ini pasti berhasil. Optimisme masyarakat harus dibangun karena kita masih memiliki banyak lahan yang menganggur. "keseriusan Bapak Bupati dalam membangun sektor pertanian, akan kami dukung dengan program. Tahun 2021 kita targetkan penanaman bawang putih sebanyak 100.000 Ha,” paparnya.

Pada kesempatan itu, Anthony Budiawan menjelaskan program kerja yang sedang dikembangkan PT. Niaga Global Modern Indonesia dalam budidaya bawang putih. “Kita berharap kedepannya bawang putih kita mampu bersaing dengan produksi Cina mulai dari harga bibit dan produktifitas. Kami juga berkomitmen menjamin produksi bawang putih petani yang mempunyai lahan sendiri dengan sistem penanaman dan panen ditentukan oleh tim kami serta kami siap sebagai bapak asuh. Kita mendukung upaya Pemerintah untuk swasembada bawang putih. Terima kasih atas perhatian Bapak Bupati dan masyarakat Tapanuli Utara dalam mendukung budidaya bawang putih ini," pungkasnya.

Kepala Dinas Pertanian SEY Pasaribu dalam laporannya menjelaskan bahwa PT. Niaga Global Modern Indonesia selaku investor menargetkan 50 Ha pengembangan bawang putih namun yang sudah terealisasi masih 14,5 Ha yang berada di Kecamatan Muara, Tarutung, Sipoholon dan Siborong-borong. Dia juga menyebutkan, bahwa pada tahun ini, 2019 direncanakan pengembangan bawang putih seluas 150 Ha yang bersumber dari APBN.*