TOBASA-Salah satu konsekuensi dari perkembangan teknologi saat ini meningkatnya jumlah kendaraan bermotor. Dengan berbagai fasilitas layanan seiring dengan penggunaan tehnologi ditambah dengan populasi jumlah penduduk yang sebanding dengan jumlah pembangunan infrastruktur yang ada maka perlu dilaksanakan Operasi Patuh Lalu Lintas.

Demikian salah satu pidato Kapolres Toba Samosir AKBP Agus Waluyo SIK saat Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Toba 2019 di Lapangan Mapolres Tobasa, Kamis (29/9/2019). Hadir dalam upacara gelar Pasukan Operasi Patuh Toba 2019 Perwakilan Pemkab Tobasa, Dandim 0210/TU, Unsur Forkopimda, Wakapolres, serta diikuti oleh para jajaran Perwira Polres Tobasa.

Ditegaskan Agus, perkembangan transportasi saat ini telah memasuki era digital modern dimana berbagai fasilitas dan operasional orderan sudah didalam genggaman. "Menyikapi berbagai perkembangan tehnologi saat ini, di era modernisasi ini perlu diikuti dengan inovasi dan kinerja Polri khususnya Polantas, sehingga mampu mengikuti dan mengantisipasi segala dampak yang akan timbul dari modernisasi tranportasi tersebut," sebutnya.

"Dalam rangka meningkatkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran arus berlalu lintas serta untuk kepatuhan Hukum dan Undang Undang Lalu Lintas, maka Polres Tobasa akan menggelar Operasi Patuh Toba 2019 selama 14 hari kedepan terhitung sejak 29 Agustus s/d 11 September 2019 sesuai dengan Surat Perintah Tugas dari Kapolri kepada kepada Jajaran POLDA yang diteruskan ke jajaran Polres Kabupaten/Kota seluruh Indonesia oleh masing masing Polda," lanjutnya.

Dikatakannya, Operasi kali ini menekankan 8 prioritas pelanggaran yakni menggunakan Handphone (HP) saat berkendara, mengemudi dalam keadaan mabuk dan Narkoba, tidak pakai Helm dan harus standar SNI, mengemudi dengan kecepatan tinggi, melawan arus, mengemudi di bawah umur, tidak mengenakan sabuk pengaman dan penggunaan lampu orator.

Sementara itu Harapan Napitupulu Assisten 1 Pemkab Tobasa didampingi Wallen Hutahaean dan Ganyang Situmorang langsung menghimbau dan menegaskan supaya para ASN melengkapi surat kendaraan milik masing masing dan mematuhi peraturan lalu lintas. "Hendaknya ASN harus menjadi contoh bagi masyarakat luas dalam hal kesadaran Undang Undang berlalulintas dan berbagai ketaatan Hukum lainnya,"imbuhnya.

"8 prioritas Kapolres dalam hal melaksanakan Operasi Patuh Toba 2019 tersebut sudah kita teruskan dan bagikan melalui media sosial kepada semua ASN yang bekerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tobasa agar semua memperhatikan dan menerapkannya," pungkasnya.*