PALAS–Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Padang Lawas (Palas) meraih juara 2 Kompetisi Sains Madrasah (KMS) Tingkat Provinsi Sumut.

Keberhasilan Putri Aulia , siswa Kelas XII ,warga Janji Matogu ,Kecamatan Lubuk Batumun,Kabupaten Palas masuk dalam peringkat 10 besar ditingkat Nasional.

Keberhasilan ini membawa nama harum MAN 1 Palas ,Putri Aulia akan menjadi utusan Provinsi Sumut mengikuti KSM di Tingkat Nasional di Manado, tepatnya September mendatang masuk karantina.

Demikian disampaikan Kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Padang Lawas Mahyarni Junida Nasution didampingi Wakil Madrasah Bidang Kesiswaan ,Sahut Martua Lubis,Rabu (28/8/2019).

Kata Mahyarni ,pembinaan terhadap siswa terus ditingkatkan baik menyangkut kedisiplinan dan karakter. Dengan tujuan mempersiapkan siswa yang berkuaitas dan berkwantitas sehingga memiliki sumber daya manusia (SDM) yang handal.

Menurut dia, tenaga pendidik terus mendorong kualitas kemampuan dan keterampilan siswa agar bisa bersaing dan berkompetisi baik di tingkat provinsi maupun tingkat nasional. "Dari tahun ke tahun kemampuan siswa semakin meningkat. Hal.itu dibuktikan dengan persentase lulusan MAN 1 Padang Lawas yang melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi ,” ujar Mahyarni.

Seperti di tahun 2019 ini, kata dia, dari 265 alumni lulusan MAN 1 Palas hampir 80 persen melanjutkan ke perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Sesuai data ,sebanyak 150 lulusan yang berhasil masuk perguruan tinggi negeri melalui berbagai program seleksi. "Bahkan ada satu alumni MAN 1 Padang Lawas yang masuk Universitas Indonesia (UI) Jakarta atas nama Sahabat Simamora, warga desa Bulu Sonik Kecamatan Barumun," tambahnya.*