ASAHAN-Pemkab Asahan gelar Festival Pangan Lokal Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat Kabupaten Asahan dalam rangka Peringatan Hari Pangan Sedunia Tahun 2019 di halaman kantor Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Asahan, Rabu (28/8/2019).

Kegiatan tersebut dihadiri Plt. Bupati Asahan, Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Asahan, OPD, Camat se-kabupaten Asahan, Plt. Ketua TP. PKK Kabupaten Asahan dan Ketua TP PKK Kecamatan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Asahan Ir. Amir Husein Siregar., MMA dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan tersebut dalam rangka Peringatan Hari Pangan Nasional ke 39 tahun 2019 yang bertema "Teknologi Industri Pertanian dan Pangan Menuju Indonesia Lumbung Pangan 2045".

Amir Husein menjelaskan an2 tujuan dari kegiatan tersebut adalah ah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA). Kemudian, meningkatkan pemahaman masyarakat dalam penerapan prinsip B2SA dan mendorong serta meningkatkan kreativitas masyarakat dalam mengembangkan atau menciptakan menu B2SA berbasis sumber daya lokal.

Selanjutnya, Plt. Ketua TP. PKK Kabupaten Asahan Ny. Hj. Titiek Sugiharti Surya berharap melalui kegiatan tersebut penerapan prinsip B2SA tidak terbatas pada lomba saja. Tetapi diaplikasikan dalam konsumsi sehari-hari agar ibu PKK Kecamatan dapat menyebarluaskan ke masyarakat.

"Konsumsi pangan yang berkualitas yang ditunjukkan dengan keragaman jenis pangan dan keseimbangan gizi dalam pola konsumsi pangan sehari-hari dibutuhkan tubuh agar dapat hidup sehat aktif dan produktif secara berkualitas. Oleh karena itu secara gencar pemerintah melakukan upaya diversifikasi konsumsi pangan," ucapnya.

Kemudian, Plt. Bupati Asahan didampingi oleh Plt. Ketua TP. PKK Kabupaten Asahan memberikan penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara dan memberikan bantuan peningkatan gizi balita secara simbolis.

Dalam bimbingan dan arahan, Plt. Bupati Asahan H. Surya., BSc menyampaikan bahwa Pemkab Asahan telah melaksanakan berbagai program atau kegiatan yang bermuara pada upaya pemantapan ketahanan pangan.

"pelaksanaan hari pangan sedunia di Kabupaten Asahan ini merupakan momen untuk meningkatkan pemahaman, kepedulian dan menggalang kerjasama dengan pihak-pihak yang terkait dalam menciptakan inovasi teknologi pengolahan pangan dalam persaingan industri global. Sehingga diharapkan penerapan teknologi industri pertanian dan pengolahan pangan menuju Indonesia menjadi lumbung pangan dunia di tahun 2045 dapat tercapai dan terlaksana dengan baik khususnya di kabupaten Asahan yang kita cintai ini," ujarnya.

H. Surya juga menyampaikan bahwa teknologi industri pertanian sangatlah penting untuk di programkan di Kabupaten Asahan, mulai dari budidaya sampai dengan pengolahan hasil dan konsumsi pangan sebagai upaya untuk peningkatan produksi pangan.

"Saatnya sekarang untuk segera melangsungkan program-program teknologi pangan untuk mencapai kemandirian pangan yang berbasis agribisnis dan kerakyatan menuju Indonesia lumbung pangan dunia 2045," tuturnya.

Selanjutnya, Plt. Bupati Asahan didampingi oleh Plt. Ketua TP PKK Kabupaten Asahan dan OPD melakukan peninjauan di lokasi peserta Festival Pangan Lokal B2SA dan Stand UMKM Industri Olahan Pangan Lokal.

Kemudian, peresmian Aula Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Asahan ditandai dengan penandatanganan oleh Plt. Bupati Asahan dan pemotongan pita oleh Plt. Ketua TP. PKK Kabupaten Asahan.*