PALAS–Dalam upaya mendukung aktivitas karang taruna untuk mengembangkan potensi desa, terutama bidang peternakan untuk mewujudkan ekonomi kemasyarakatan, PT Sumatera Sylva Lestari (SSL) salurkan bantuan ternak itik mojosari sebanyak 1000 ekor atau itik umur sehari serta konsentrat seberat 900 kg kepada Karang Taruna Tani Tunas Muda Desa Gonting,Kecamatan Huristak,Kabupaten Padang Lawas (Palas). Ketua Kelompok Tani, Apodana Harahap menyebutkan, saat ini kelompok karang taruna yang ia pimpin sudah membudidayakan itik lokal sebanyak 100 ekor itik dengan produktifitas telur sekitar 70 butir telur per harinya.

"Yang menjadi kendala kami dalam membudidaya itik saat ini adalah modal untuk mendatangkan anakan itik unggul," katanya.

Apodana menambahkan, untuk kebutuhan pakan alami itik didaerah ini sumbernya cukup melimpah terutama keberadaan keong mas yang sangat mudah ditemukan dilokasi persawahan maupun pekarangan setiap rumah warga.

Humas PT SSL, Brian Napitupulu mengatakan, bantuan itik jenis mojosari yang diberikan untuk peternak di Desa Gonting Julu merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat yang bertujuan meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Ada beberapa program pemberdayaan masyarakat terutama untuk peningkatan perekonomian masyarakat yang akan kembali disalurkan setelah bantuan itik," Kata Brian.,Selasa (27/8/2019).

Kata Brian, guna mewujudkan kemandirian karang taruna untuk memberdayakan potensi desa guna mendukung ekonomi dan kesejahteraan sosial masyarakat.

"Perusahaan siap mendukung keberadaan karang taruna karena cukup penting dalam pengembangan untuk menyelesaikan masalah sosial dilingkungan masyarakat," ujar Humas PT SSL.

"Kita akan dukung terus keberadaan karang taruna bahkan diharapkan bisa memberikan kontribusi dalam pembangunan daerah,”timpalnya.

Kepala Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Huristak, Syahuddin Harahap mengapresiasi , bantuan itik yang diberikan perusahaan kepada kàrang taruna Desa Gonting Julu.

"BPP siap memberikan pendampingan serta penyuluhan budidaya itik jenis Mojosari tersebut," sebutnya. Dalam waktu yang sama juga , PT SSL memberikan bantuan berupa perlengkapan olah raga untuk pemuda Desa Siali Ali, Kecamatan Lubuk Barumun.*