NISEL-Bupati Nias Selatan Hilarius Duha didampingi sejumlah unsur Forkopimda diantaranya, Danlanal Nias Letkol Laut (P) Jan Lucky Boy Siburian, Dandim 0213/Nias Letkol Inf. TP. Lobuan Simbolon, Ketua DPRD Nisel Sidi Adil Harita, Kapolres Nisel AKBP I Gede Nakti Widhiarta, Danramil/12 Telukdalam Kapten Inf. Parluhutan Sihombing dan sejumlah rombongan kembali meninjau progres persiapan Sail Nias 2019, Selasa, (27/8/2019).

Salah satu tempat yang ditinjau adalah lokasi puncak acara event tersebut di Pelabuhan Baru Telukdalam. Bupati kepada wartawan mengatakan, ia dan unsur Forkopimda Nisel turun untuk melihat langsung progres persiapan Sail Nias 2019.

"Saat ini, ada progres pekerjaan yang sudah mencapai 90 persen seperti yang kita lihat saat ini di Pelabuhan Baru Telukdalam dimana para pekerja terus bekerja serta ada yang progresnya 80 persen dan masih ada pekerjaan lain yang terus dikebut pengerjaannya," ujarnya.

Ia optimis sebelum hari H atau min 5 dan min 3, semua persiapan bisa selesai. Disamping itu, orang nomor satu di jajaran Pemkab Nisel itu juga berharap agar para pekerja selalu menjaga keselamatan.

Disinggung mengenai persiapan penginapan, Hilarius menyebutkan persiapan penginapan sudah bagus dan saat ini sudah ada sebagian hotel dan penginapan yang sudah penuh dan di booking.

"Apalagi ada juga 70 kamar mes Angkatan Laut dimana sudah ada ac dan springbednya. Kita juga sudah tau bahwa sudah ada sebagian hotel yang sudah di booking," sebutnya.

Saat ditanya terkait kepastian kedatangan Presiden Jokowi, ia menjawab hingga saat ini belum ada perubahan jadwal kunjungan Presiden itu ke Nisel saat perhelatan puncak Sail Nias Pada Bulan September mendatang.

"Jadwal beliau ke Nisel belum berubah hingga saat ini. sesuai jadwal bapak Presiden akan datang Tanggal 13 sampai 14 di Nisel. soal dimana Pak Presiden menginap kita serahkan ke Paspampres. terpenting kita sudah siapkan rumah dinas bupati untuk tempat menginap pak Presiden dan juga ada hotel yang layak untuk beliau menginap," ujarnya.*