BOGOR - Tim Nasional (Timnas) Indonesia meraih kemenangan saat beruji coba dengan klub Liga 3, Persika Karawang, di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (25/8) malam. Pada uji coba tertutup ini, Skuat Garuda menang telak dengan skor 4-0. Usai laga, pelatih Indonesia, Simon McMenemy mengatakan bahwa ia senang dengan hasil ini. Ia menyatakan pada uji coba ini dirinya mencoba dua formasi berbeda. Yakni 4-2-3-1 pada babak pertama dan 3-4-3 di babak kedua. 

"Kami tadi mencoba dua formasi berbeda, lalu juga ada latihan bola mati yang berhasil dilaksanakan. Skor 4-0 sangat luar biasa bagi saya, kami tidak terkena shot on goal dari lawan, terus saya ingin mereka konsentrasi dan anak-anak melakukan itu," ungkap McMenemy.

"Saya harap hari ini bisa menjadi latihan yang bagus untuk mereka, dan saya juga ingin mengapresiasi Persika karena mereka main secara profesional. Mereka bermain tidak bertahan dan tidak menyerah sampai akhir," tambah pelatih asal Skotlandia ini.

McMenemy mengungkapkan timnya bakal menjalani laga uji coba kembali pada Rabu (28/8/2019) mendatang. Tim yang menjadi lawan uji coba adalah Bhayangkara FC.

"Tentu lawan Bhayangkara lebih sulit karena mereka bermain di Liga 1. Lalu target utama kami adalah, kami ingin memiliki sebuah tim yang susah dikalahkan. Apa poinnya? Kami tidak ingin membuat kesalahan kecil, selalu bermain clean-sheet seperti pertandingan hari ini," tukas pelatih yang pernah menangani Timnas Filipina tersebut.

Uji coba ini sebagai persiapan Andritany dan kawan-kawan jelang menghadapi Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang akan melawan Malaysia (5/9) dan Thailand (10/9). Dua laga tersebut akan dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Skuad Garuda tampil mendominasi pada laga ini. Alberto Goncalves mencetak gol pembuka pada menit ke-16. Timnas Indonesia kembali unggul 2-0 melalui Irfan Jaya pada menit ke-45. Skor 2-0 ini bertahan hingga babak pertama berakhir.

Pada babak kedua, Indonesia terus menyerang. Rotasi pun dilakukan pelatih Simon McMenemy. Dan Indonesia mencetak dua gol lagi melalui Rizky Pellu pada menit ke-56 dan Otavio Dutra (81'). Skor 4-0 menjadi penutup laga uji coba ini. ***