NISEL-Pemkab Nisel melalui Dinas PUPR Nias Selatan akan menangani badan jalan putus di dekat Jembatan Bailey Sungai Idanolawa Desa Hililaza Hilinawalo Mazino.

Hal ini disampaikan Kadis PUPR Nisel Erwinus Laia, S.Sos, MM.,MH saat ditemui sejumlah wartawan, di Ruang Kerjanya, Senin, (26/8/2019). Ia mengatakan, tim saat ini sedang bekerja untuk merencanakan anggarannya dan dalam minggu ini akan dilakukan penanganan.

"Setelah tim menghitung kebutuhan anggaran terkait itu, maka dalam minggu ini kita akan mulai menanganinya," sebutnya. Selain itu, pihaknya juga akan membuat bronjong sekitar jembatan Bailey Idanolawa serta akan menormalisasi sungai yang berubah arah akibat banjir.

Anggaran untuk itu, lanjut dia, diambil dari dana pemeliharaan jembatan yang ada di DPA PUPR Nisel Tahun Anggaran 2019. Tak hanya itu, Dinas PUPR Nisel juga akan menganggarkan pembangunan Bronjong dekat SMK Negeri 1 Mazino karena tergerus oleh banjir yang melanda wilayah itu.

"Kita sudah anggarkan pembangunan Bronjong di dekat SMK Negeri 1 Mazino melalui PAPBD Nisel Tahun Anggaran 2019, tujuannya agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah," katanya.

Disamping itu, pihaknya juga akan menangani badan jalan yang longsor di Desa Hilikara Kecamatan Onolalu. "Tim saat ini sedang menghitung kebutuhan anggaran untuk itu dan tentu anggarannya diambil dari dana pemeliharaan jalan,"pungkasnya.*