NISEL-Jembatan Darurat dari batang kelapa pasca badan jalan putus akibat diterjang banjir di dekat jembatan bailey Sungai Idanolawa Desa Hililaza Hilinawalo Mazino Kecamatan Mazino pada Sabtu, (24/8/2019) subuh, sudah selesai dikerjakan oleh puluhan warga dari 4 Desa.

Pj.Kepala Desa Hililaza Hilinawalo Mazino, Perubahan Harefa saat dihubungi lewat Pesan Whatsapp, Sabtu (24/8/2019) Sore mengakui jika jembatan darurat yang dibuat antara jembatan bailey Sungai Idanolawa yang nyaris putus dengan badan jalan yang putus dekat jembatan itu sudah siap dikerjakan secara gotong royong oleh puluhan warga 4 Desa yakni Desa Hilinawalo Mazino, Desa Hililaza Hilinawalo Mazino, Desa Hilizoroilawa dan Desa Hilifondrege.

"Kita sudah buat jembatan darurat dari batang kelapa dan sekarang sudah bisa dilalui oleh penjalan kaki dan kendaraan roda dua,"ucapnya.

Ia juga menambahkan, bahwa pihak dari Dinas PUPR Nisel, Babinsa dari Koramil Telukdalam sudah turun untuk meninjau lokasi. "Pihak PUPR Nisel tadi menyampaikan ke kita bahwa badan jalan yang putus serta jembatan yang nyaris putus itu akan diperbaiki langsung oleh mereka. dan saya juga tadi memohon kepada pihak PUPR agar dibantu untuk menurunkan alat berat guna menormalisasi aliran sungai dan pihak PUPR siap untuk membantu," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, sepanjang kurang lebih 5 meter badan jalan penghubung utama 4 Desa Kecamatan Mazino menuju Kota Telukdalam persisnya dekat jembatan Bailey Sungai Idanolawa Desa Hililaza Hilinawalo Mazino putus akibat diterjang banjir pada Sabtu, (24/8/2019) subuh.

Akibatnya, aktifitas warga lumpuh karena jalan tersebut merupakan akses penghubung utama warga 4 Desa Menuju Kota Telukdalam Kabupaten Nias Selatan. Bahkan, para pelajar tingkat SMP, SMA dan SMK sekitar 4 Desa juga terganggu karena tidak dapat melewati jalan tersebut untuk pergi ke sekolah.

Selain itu, jembatan Bailey sungai Idanolawa Desa Hililaza Hilinawalo Mazino bantuan dari Singapur Red Cros pasca Gempa 2005 itu juga nyaris putus akibat hujan yang terus mengguyur wilayah itu beberapa hari terakhir hingga mengakibatkan banjir.*