ASAHAN-Tanaman padi sebuah tanaman sawah yang sangat penting untuk dibudidayakan. Sebab, padi adalah kebutuhan pokok utama bagi masyarakat.

Di Kabupaten Asahan tepatnya Desa Serdang, Kecamatan meranti merupakan salah satu tempat yang dihandalkan penghasilan padi.

Kini masyarakat di desa tersebut melaksanakan Panen Raya Padi Sawah yang dihadiri Plt. Bupati Asahan H. Surya, BSc, Anggota Komisi III DPR RI DR. Hinca Panjaitan, SH, MH, ACCS, Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Ketua Partai Demokrat Kabupaten Asahan, OPD terkait, Camat Meranti, Kepala Desa Serdang dan Kelompok Tani Desa Serdang, Sabtu (24/8/2019).

Pada Sambutannya, Camat Meranti Darma Ginting., SE menyampaikan bahwa luas lahan pertanian yang ada di Kecamatan Meranti berjumlah sekitar 2.200 Ha.

"Pada hari ini kita akan memanen seluas 457 Ha di Desa Serdang, yang mana ini merupakan panen pertama di tahun 2019 Kecamatan Meranti," sebutnya.

Dikesempatan itu juga Darma Ginting menyampaikan rasa terima kasih masyarakat Kecamatan Meranti kepada Pemerintah Kabupaten Asahan yang telah menambah debit air sungai bunut.

"Dengan ditambahnya debit air sungai bunut ini, maka hasil panen masyarakat Kecamatan Meranti bertambah," tuturnya.

Darma juga menyampaikan harapannya kepada Plt. Bupati Asahan agar dapat membantu masyarakat Kecamatan Meranti dalam pengalihan lahan dari lahan sawit menjadi lahan tanaman padi.

Kemudian, Plt. Bupati Asahan bersama Anggota Komisi III DPR RI dan tamu undangan menyerahkan bantuan alat semprot hands prayer kepada kelompok tani di Desa Serdang Kecamatan Meranti secara simbolis.

Plt. Bupati Asahan H. Surya, BSc pada pidatonya mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Asahan sangat mendukung alih fungsi yang dilakukan oleh masyarakat di Kecamatan Meranti, dari Kelapa sawit menjadi tanaman padi.

"Pemerintah Kabupaten Asahan akan membantu masyarakat dalam pengalihan fungsi lahan tersebut," ujarnya.

Selanjutnya, Anggota Komisi III DPR RI DR. Hinca Panjaitan, SH, MH, ACCS pada bimbingan dan arahanya mengatakan bahwa Kabupaten Asahan merupakan salah satu lumbung padi yang ada di Indonesia dari dulu sampai saat ini.

Ia berharap kepada masyarakat Kabupaten Asahan agar dapat beralih fungsi lahan, yang mana dari lahan kelapa sawit menjadi lahan padi.

Kepada Pemerintah Kabupaten Asahan beliau berharapkan dapat menaikan debit air sungai bunut agar produksi padi yang ada di Kecamatan Meranti dapat meningkat.

"Kembangkan pertanian di Kab. Asahan", ucap semangatnya diakhir pidatonya.

Diakhir acara, Plt Bupati Asahan bersama Anggota Komisi III DPR RI dan tamu undangan melakukan panen raya di lokasi persawahan yang ada di Desa Serdang.*