NISEL-Jembatan Bailey Sungai Idanolawa yang merupakan penghubung utama 4 Desa di Kecamatan Mazino menuju Kota Telukdalam Kabupaten Nias Selatan kondisinya kini terancam putus akibat banjir yang terus melanda wilayah itu beberapa hari terakhir.

Tokoh Pemuda Hililaza Hilinawalo Mazino saat dihubungi wartawan melalui sambungan telepon seluler, Sabtu, (24/8/2019), menyebutkan, kondisi ujung Jembatan itu hingga kini nyaris putus.

Dan bahkan, kata dia, jalan dekat ujung jembatan arah menuju Desa Hilizalootano sudah putus sepanjang kurang lebih 5 meter. Akibatnya, akses penghubung utama 4 Desa yakni Desa Hilinawalo Mazino, Hililaza Hilinawalo Mazino, Hilizoroilawa dan Desa Hilifondrege menuju Kota Telukdalam Kabupaten Nias Selatan lumpuh total.

"Para pelajar tingkat SMP, SMA dan SMK yang hendak sekolah pada Sabtu, (24/8/2019) pagi terganggu karena tidak dapat melewati jalan dimaksud," ujarnya. Tak hanya itu, pinggiran sungai Idanolawa dekat jembatan itu juga semakin tergerus akibat banjir yang terus melanda wilayah itu.

Menurut dia, jika jembatan itu tidak segera ditangani secepatnya maka diprediksi akan putus dan akses transportasi yang menghubungkan 4 Desa menuju Kota Telukdalam akan lumpuh sehingga berimbas kepada pergerakan perekonomian masyarakat sekitar.

Oleh itu, Ia berharap agar Pemkab Nisel segera melakukan langkah-langkah untuk menangani jembatan dan jalan tersebut secepatnya. "Apalagi tiap Bulan September biasanya musim hujan," imbuhnya. Untuk diketahui, jembatan tersebut merupakan bantuan dari Red Cross Singapura pasca Gempa Bumi Tahun 2015.*