NISEL-Sekitar sepanjang kurang lebih 5 meter badan Jalan yang menghubungkan 4 Desa di Kecamatan Mazino menuju Kota Telukdalam Kabupaten Nias Selatan putus terbawa banjir akibat hujan yang mengguyur wilayah itu beberapa hari terakhir.

Salah seorang Tokoh Pemuda Hililaza Hilinawalo Mazino, Herman Halawa saat dihubungi wartawan melalui sambungan telepon seluler, Sabtu, (24/8/2019), mengatakan, peristiwa putusnya jalan itu terjadi sekitar Sabtu (24/8/2019) pagi subuh karena saat ia bangun sekitar Pukul 1.30 WIB, hujan deras melanda wilayah itu.

Akibat hal itu, kata dia, aktifitas warga di 4 Desa yakni Desa Hilinawalo Mazino, Hililaza Hilinawalo Mazino, Hilizoroilawa dan Desa Hilifondrege lumpuh total. Bahkan para pelajar tingkat SMP, SMA dan SMK di Mazino yang hendak bersekolah tidak dapat mengikuti proses belajar mengajar akibat putusnya jalan itu dan juga karena banjir belum surut pada Sabtu Pagi.

Ia berharap agar Pemerintah Kabupaten Nias Selatan secepatnya melakukan penanganan sehingga akses transportasi warga di 4 Desa bisa normal kembali dan para pelajar juga dapat bersekolah seperti biasa.

Selain itu, informasi lain yang diperoleh juga, peristiwa longsor juga terjadi di dekat Desa Bawolahusa Kecamatan Mazino hingga menimbun badan jalan.

Sementara, Kepala Pelaksana BPBD Nisel Ampuni Dakhi, saat dihubungi terkait ini, melalui sambungan telepon seluler, Sabtu, (24/8/2019) menyebutkan, pihaknya akan mengkoordinasikan dulu karena pihaknya saat ini juga sedang melakukan evakuasi warga yang melintasi Jalan Nasional Saonigeho Km 3 Telukdalam yang terendam banjir.

"Kami akan mengkoordinasikan dulu untuk melakukan langkah-langkah penanganan karena saat ini juga, kami sedang mengevakuasi warga yang melewati Jalan Saonigeho Km 3 Telukdalam yang terendam banjir," katanya.*