JAKARTA_ Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Marciano Norman mengharapkan semua pihak menanti dengan sabar keputusan pemerintah tentang pelaksanaan  Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020 di Papua. Sebab, semuanya akan menjadi terang setelah Presiden Joko Widodo melakukan rapat terbatas di Jakarta, Senin (26/8/2019), membahas penyelenggaraan pesta akbar olahraga nasional empat tahunan itu yang untuk petama kalinya digelar di Bumi Cendrawasih. “Tentang masalah PON, saya mengharapkan semua pihak menantikan hasil rapat terbatas pada Senin nanti yang dipimpin Presiden dengan melibatkan para menteri Kabinte Kerja dengan dihadiri Gubernur Papua dan saya sendiri juga akan hadir. Saya yakin Bapak Presiden akan mengambil keputusan yang terbaik,” kata Marciano saat menerima audensi Panitia Penyelenggara Funwalk Siwo PWI 2019 di Kantor KONI Pusat, Senayan, Jakarta, Kamis (22/8/2019).

Marciano mengemukakan, dalam rapat tersebut Gubernur Papua Lucas Enembe akan memberikan presentasi tentang perkembangan persiapan PON 2020 yang rencana akan digelar pada tanggal cantik 20 – 10 – 20 itu. KONI Pusat yang mempunyai tugas sebagai pengawas dan pengarah tentunya akan memberikan masukan sehingga kepentingan olahraga tetap diutamakan.

“Manfaat PON harus tetap terjaga. Intinya, pelaksanaan PON harus bisa terus mendukung kejayaan olahraga Indonesia sehingga mampu mengibarkan harkat dan martabat bangsa di tingkat internasional,” ucap Marciano yang mantan kepala Badan Intelijen Nasional (BIN) itu.

Letjen TNI (Purn) itu lebih lanjut menyatakan, KONI Pusat sangat fleksibel dalam menyikapi pelaksanaan PON XX. KONI Pusat akan mendukung keputusan pemerintah karena pada intinya KONI Pusat sangat berharap PON mendatang berlangsung sukses. Untuk itulah KONI Pusat akan terus melakukan koordinasi dengan Kementrian Pemuda Dan Olahraga (Kemenpora), Gubernur Papua dan Panitia Besar PON XX. ***