JAKARTA - Ketua DPD RI Oesman Sapta menitipkan pesan kepada Putra-putri Kebudayaan Indonesia agar selalu membangun daerahnya masing-masing. Karena Bangsa Indonesia tidak akan sejahtera, bila daerahnya belum sejahtera. "Kepada generasi muda Bangsa terutama Putra-putri Kebudayaan Indonesia untuk selalu membangun dan mensejahterakan daerahnya masing-masing. Karena daerah makmur maka Indonesia juga makmur. Maka selalu ingat dengan kampung halamannya,” ucap Ketua DPD RI Oesman Sapta saat menerima kunjungan dari Putra-putri Kebudayaan Indonesia di Nusantara V Komplek Parlemen, Jakarta, Rabu (21/8).

Oesman Sapta menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo telah membangun infrastruktur di luar pulau Jawa. Hal itu bertujuan untuk membangun perekonomian di luar Jawa, sehingga perekonomian bisa menyampai tingkat desa.

“Itu hebatnya Presiden kita. Dia tidak memperioritaskan pulau Jawa, tapi justru daerah-daerah di luar jawa yang tingkat perekonomiannya masih rendah. Untuk itu generasi yang akan datang harus bisa membangun Indonesia terutama dari kampung halamannya. Itu tidak mustahil,” ujar Senator asal Kalimantan Barat itu.

Oesman Sapta juga mengatakan generasi muda sekarang ini tidak boleh dilarang tapi di percaya kecuali hal yang negatif salah satunya Narkoba. Selama kegiatannya masih dijalan yang benar atau positif justru keluarga harus mendukung. “Jadi jangan ini tidak boleh, itu tidak boleh. Kecuali Narkoba,” tuturnya.

Sementara itu, Anggota DPD RI Provinsi Bangka Belitung Bahar Buasan menyambut baik kehadiran Putra-putri Kebudayaan Indonesia sebagai generasi emas. Menurutnya, Bangsa Indonesia sudah kaya akan Sumber Daya Alam (SDA), namun itu tidak cukup tanpa di dukung oleh Sumber Daya Manusia (SDM)-nya. “Tentunya generasi muda bangsa harus menjadi SDM yang handal,” paparnya.
 
Bahar Buasan menilai untuk menciptakan SDM yang handal harus dimulai dari keluarga. Lantaran, keluarga merupakan awal dari pembentukan anak bangsa. “Keluarga bisa menciptakan SDM yang handal agar bisa menjadi Indonesia Emas,” jelasnya.

Anggota DPD RI Provinsi Riau Rosti Uli Purba menambahkan generasi muda bangsa harus berprestasi. Pasalnya, kelak putra-putri bangsa akan menjadi presiden, anggota parlemen, dan gubernur. “Jadi anak muda saat ini harus berprestasi karena akan menggantikan kami, presiden, gubernur, dan lain-lain,” ucapnya.