NISEL- Ruas Jalan menuju Pelabuhan Baru Telukdalam, Kabupaten Nias Selatan di hotmix.

Pantauan sejumlah wartawan di lapangan, Selasa, (20/8/2019), pengaspalan jalan secara hotmix tanpa papan proyek itu juga dimulai dari sebelah kiri ujung ruas jalan Pelabuhan Baru menuju Pasar Jepang.

Tampak sejumlah alat berat pengaspalan dan dump truk pengangkut material aspal antri untuk menurunkan material hotmix. Selain itu, sejumlah pekerja juga sedang melakukan pengaspalan secara hotmix.

Jalan tersebut juga merupakan akses utama menuju pelabuhan Baru yang dijadikan sebagai lokasi puncak event Sail Nias 2019 dimana direncanakan akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo.

Menurut keterangan Kadis PUPR Nias Selatan, Erwinus Laia pada pemberitaan sebelumnya menyebutkan, sejumlah ruas jalan di sekitar lokasi pelaksanaan Sail Nias 2019 di hotmix dimana anggarannya bersumber dari APBN Pusat pada Kementerian PUPR Tahun Anggaran 2019 dengan anggaran keseluruhan sekitar Rp.18 Miliar lebih.

Selain Ruas Jalan Pelabuhan Baru, sejumlah ruas jalan di sekitar lokasi perhelatan Sail Nias 2019 juga turut di Hotmix diantaranya pengaspalan ruas jalan Fahuwusa Baloho Telukdalam, pengaspalan Jalan Baloho Indah Telukdalam, Pengaspalan Jalan Baloho Indah dari simpang Rumah Dinas Danlanal Nias menuju Pantai Baloho Telukdalam, pengaspalan ruas jalan Botohili-Sorake dan pembangunan jalan menuju Bandara Silambo.

Pembangunan sejumlah ruas jalan itu merupakan bentuk perhatian Pemerintah Pusat untuk mendukung dan mensukseskan pelaksanaan Sail Nias 2019 yang akan dihelat pada Bulan September mendatang.

Terpisah, Pengawas PPK 36 Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) biasa dipanggil Anju Manurung saat dikonfirmasi wartawan terkait belum terpasangnya papan proyek pada lokasi pekerjaan jalan dimaksud lewat pesan Whatsapp, Rabu, (21/8/2019) hingga pukul 14.45 WIB belum dibalas.*